Arti Whom dan Who Serta Perbedaan Keduanya

05.43


 

Arti whom dan who memang memiliki persamaan, namun keduanya memiliki perbedaan. Baik whom dan who merupakan dua kata yang penggunaannya berbeda sehingga Anda yang baru belajar bahasa Inggris harus memahami dengan baik perbedaan keduanya.


Hal yang membedakan whom dan who sendiri adalah terkait dengan subjek dan objeknya. Untuk lebih memudahkan, berikut adalah penjelasan tentang apa yang membedakan antara whom dan who.


Perbedaan Arti Whom dan Who


Arti "Whom" atau siapa ini lebih ke "him" karena digunakan sebagai objek.  Whom sendiri tidak pernah menjadi subjek kata kerja. Misalnya:


Dita saw whom on the busway? 


Jawabannya tentu adalah  ‘Dita saw her on the bus’


Sementara arti ‘Who’ adalah lebih ke arti "he" karena digunakan sebagai subjek kata kerja. Sebagai contoh:


Who likes chamomile tea?


Jawabannya adalah ‘He likes chamomile tea’


Untuk memahami perbedaan antara "whom" dan "who", Anda harus mengetahui perbedaan antara subjek kata kerja dan objek kata kerja. Jika Anda baru mengenal tata bahasa dan tidak tahu apa arti istilah-istilah ini, jangan khawatir. 


Kedua kata ini lebih sederhana daripada kedengarannya. Misal ‘Who’ adalah subjek dari kata kerja. Kata ‘Who’ hanya dapat digunakan ketika menjadi subjek dari kata kerja yang hanya berarti seperti kata-kata ‘I, He, They dst’.  Sama seperti ‘Who’, kata-kata ini digunakan sebagai subjek.


Membingungkan perbedaan ‘Who dan Whom’ tidak jauh berbeda dengan ‘I’ atau ‘Me’.  Nah, sementara kata ‘Whom’ sendiri lebih ke objek dan biasanya digunakan untuk menanyakan yang lain.


Trik untuk mengenal perbedaannya adalah dengan mengganti ‘Whom’ dengan kata ‘Him’. Jika bagian kalimat itu masih masuk akal, maka menggunakan kata’Whom’ hampir pasti benar.


Memang belajar arti whom dan who cukup membingungkan, belum lagi jika ada kata ‘whose’. Tentu saja Anda harus memahami penggunaan subjek dan objeknya untuk bisa tahu perbedaan antara whom dan who.

 Mau belajar lebih jauh tentang kata ganti who dan whom? Belajar saja yuk di EF English Center!

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »