Mengapa ada Partai Politik? Yuk, Kenali Perannya untuk Kepentingan Masyarakat Indonesia

06.34

 


Ada banyak sekali partai politik yang ada di Indonesia. Setiap partai politik ini tentunya mewakili tiap masyarakat dan berbagai kepentingan di dalamnya. Kehadiran partai politik di Indonesia tidak hanya soal kursi di pemerintahan serta membawa aspirasi masyarakat, nyatanya fungsi partai politik sangat penting, lho, bagi sistem demokrasi di Indonesia. Sebenarnya apa saja sih peran dari partai politik bagi masyarakat Indonesia? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

  • Sebagai sarana pendidikan politik

Fungsi utama dari adanya partai politik juga secara langsung maupun tidak langsung ialah untuk memberikan edukasi bagi masyarakat akan pentingnya ilmu politik. Dengan hadirnya partai politik, masyarakat tentu akan mulai mempelajari dan memilih partai mana saja yang sesuai atau sepemikiran dengan mereka. Selain itu, banyaknya pilihan partai juga mendukung masyarakat untuk bersikap kritis juga dalam menyikapi berbagai statement yang muncul dari partai-partai tersebut dan tidak asal menerima.

  • Menjadi media untuk komunikasi politik

Kehadiran partai politik juga menjadi media komunikasi politik. Partai politik menjadi wadah untuk berbagai aspirasi masyarakat yang nantinya disampaikan kepada pemerintah. Pendapat-pendapat dan aspirasi masyarakat yang senada dengan visi misi partai politik akan digabungkan dan bisa saja dijadikan sebagai program partai yang akan diperjuangkan supaya aspirasi atau pendapat tersebut menjadi kebijakan publik (public policy).

  • Menciptakan iklim politik yang kondusif

Banyaknya variasi partai politik juga akan memicu perbedaan pemikiran setiap partai yang tentunya akan menimbulkan konflik. Namun, konflik tersebut juga diperlukan untuk membentuk iklim politik yang kondusif. Karena setiap partai politik akan berjuang dengan pendapat-pendapat mereka untuk menjadi yang terbaik, terutama bagi perkembangan dunia politik di Indonesia nantinya.

  • Menjadi sarana rekrutmen politik

Selain sebagai sarana edukasi, partai politik juga menjadi wadah untuk mencari dan mengajak orang-orang yang berbakat dan sepemikiran dengan visi misi partai untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan politik sebagai anggota. Hal ini tentunya akan memperluas partisipasi politik dalam masyarakat. Cara perekrutannya pun beragam, mulai dari kontak pribadi, melakukan persuasi, hinga menarik golongan anak muda yang kemudian dididik untuk dijadikan kader kelak.

  • Alat pengatur konflik

Partai politik juga menjadi alat untuk mengatur konflik. Karena dalam kehidupan berdemokrasi, biasanya terjadi gejolak atau konflik atas perbedaan pendapat atau persaingan dalam masyarakat. Hal ini dapat terjadi karena kehidupan demokrasi dilandasi dengan jaminan kebebasan berpendapat dan berorganisasi yang rawan sekali dengan konflik perbedaan pandangan antara satu orang dengan orang yang lainnya. Dan ketika itu terjadi, biasanya partai politik akan menjalankan fungsinya sebagai pengatur konflik yang menyelesaikan konflik secara damai serta menjadi penengah yang bersifat netral.

Selain kelima hal tersebut, peran partai politik juga diharapkan mampu bersinergi secara positif dengan KPU, dengan cara turut berpartisipasi secara aktif dalam tahapan Pemilu. Partai politik juga dituntut untuk melakukan sosialisasi terkait aturan tentang Pemilu dan memberikan edukasi politik secara aktif untuk meningkatkan partisipasi pemilih, serta membantu KPU dalam menjaga kondisi masyarakat untuk tetap kondusif , aman, dan damai.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai politik cerdas berintegritas, kalian bisa mengakses laman ACLC KPK. Terdapat banyak sekali informasi edukatif dan dapat kalian pelajari, mulai ari nilai integritas, politik uang, hingga sikap antikorupsi yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, terdapat juga media pembelajaran mengenai nilai integritas dan sikap antikorupsi yang ditujukan untuk anak-anak, sehingga dapat membantu mengenalkan mereka sejak dini.


References:

https://aclc.kpk.go.id/

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/559713/fungsi-partai-politik-dan-peranannya-dalam-pemilu

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
george
AUTHOR
19 Desember 2023 pukul 02.14 delete

Political parties in Indonesia play a crucial role in representing diverse societal interests, fostering democratic participation, and shaping policies that address the nation's multifaceted challenges. They serve as vital vehicles for citizen engagement, providing a platform for varied perspectives to contribute to the collective decision-making process, ensuring a more inclusive and representative governance.||How Quickly Can You Get A Divorce in New York||How Much is It for A Divorce in New York

Reply
avatar