Harus Beli Printer Inkjet atau Ink Tank? Ini Perbedaannya

05.18

 


Printer inkjet sudah ada sejak lama, dan merupakan jenis printer yang paling umum Anda temukan di rumah dan kantor. Tetapi, printer ini tidak sempurna-mereka memerlukan banyak tinta dan bisa sangat mahal untuk mengoperasikannya.


Printer inkjet bekerja dengan cara menyemprotkan tinta ke atas kertas melalui nozzle. Tinta yang disemprotkan keluar kemudian diserap ke dalam kertas, yang menciptakan gambar pada halaman Anda. Karena proses ini memerlukan begitu banyak tinta, tidak jarang printer inkjet cepat kehabisan tinta, khususnya jika Anda mencetak dokumen atau foto dalam jumlah besar.


Masalah dengan printer inkjet ini yaitu, metode ini menggunakan begitu banyak tinta sehingga biaya pengoperasiannya menjadi sangat tinggi. Semakin banyak halaman yang Anda cetak, semakin cepat Anda akan kehabisan persediaan tinta dan harus membeli lebih banyak-dan apabila kita berbicara tentang pencetakan berwarna, biayanya bahkan lebih tinggi!


Masalah lain pada printer inkjet adalah, printer ini bisa berantakan: akan selalu ada sejumlah tinta yang terbuang setelah setiap pekerjaan cetak, yang berarti, setiap kali Anda menggunakan printer inkjet, berarti Anda juga membuang-buang uang (dan berpotensi merusak lingkungan Anda).


Ya, printer inkjet menggunakan kartrid tinta yang sangat mahal dan harus sering diganti. Meskipun hal ini bukan masalah besar jika Anda hanya mencetak sekali-sekali, namun ini bisa menjadi masalah besar jika Anda harus sering mencetak.


Printer inkjet juga memiliki masalah lain: printer ini tidak bertahan lama. Printer ini didesain untuk diganti dalam waktu dua tahun, yang tidak masalah jika Anda tidak terlalu berencana menggunakannya setelah itu. Namun demikian, jika Anda memerlukan sesuatu yang akan bertahan lebih lama dari ini, printer tangki tinta akan lebih baik untuk Anda.


Sementara printer ink tank menggunakan tangki tinta isi ulang alih-alih kartrid, yang berarti Anda tidak perlu sering menggantinya atau membayar yang baru ketika tinta Anda habis. Hal ini menghemat uang dan juga membantu menjaga lingkungan kita tetap bersih, karena tidak ada lagi kartrid plastik tambahan yang masuk ke tempat pembuangan sampah setiap kali seseorang membeli printer inkjet!


Keuntungan lain dari printer tangki tinta dibandingkan printer berbasis kartrid adalah, printer ini lebih mudah dipelihara dan diperbaiki apabila ada yang tidak beres dengan printer tersebut. Namun demikian, harga jual printer ink tank memang lebih mahal daripada inkjet. Nah, sudah tahu kira-kira akan membeli yang mana?

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »