Beberapa Penyebab Blue Screen dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

07.20


Pernahkah Anda mendapati layar komputer atau laptop tiba-tiba berubah berwarna biru dan menunjukkan kode membingungkan yang Anda sendiri tidak tahu apa maknanya? Nah, jika ya, apa yang terjadi dan muncul di layar laptop atau komputer Anda tersebut adalah blue screen. Jika hal ini terjadi, maka tandanya ada sesuatu yang tidak beres pada perangkat yang Anda gunakan.


Ya, umumnya blue screen menjadi petunjuk jika perangkat yang digunakan dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Oleh karenanya, ketika blue screen muncul, Anda perlu melakukan tindakan untuk segera mengatasinya.  


Namun, apa sebenarnya penyebab blue screen tersebut?
Pada kesempatan ini akan dibahas terkait beberapa penyebab munculnya blue screen dan juga bagaimana cara untuk mengatasinya. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.


Apa Itu Blue Screen?

Sebelum membahas tentang penyebab munculnya blue screen pada layar laptop atau komputer, memahami pengertian dari blue screen sendiri tentu saja penting. Dengan pengertian ini nantinya Anda bisa memahami masalah ini dengan lebih baik.


Secara singkat, blue screen adalah istilah yang digunakan untuk menyebut debug atau kerusakan yang terjadi baik pada hardware atau software dari perangkat yang digunakan. Justru, blue screen akan menjadi bantuan bagi para teknisi. Sengan munculnya blue screen, maka teknisi akan mengetahui bagian mana yang mengalami gangguan dari perangkat yang digunakan.


Untuk menghindari blue screen, Anda bisa memakai komputer atau spek hosting yang lebih bagus. DomaiNesia memiliki spek hosting terbaik di Indonesia.
Hanya saja, banyak pengguna yang salah mengartikan blue screen. Ketika layar mereka menunjukkan blue screen, maka banyak diantara pengguna yang menyimpulkan bahwa layar mereka rusak, bukan pada sistem atau perangkat lainnya. 


Beberapa Penyebab Blue Screen

Tentu saja, blue screen tidak muncul tanpa adanya penyebab. Sebagaimana disinggung di awal, blue screen adalah reaksi yang muncul karena adanya kerusakan pada hardware atau software dari perangkat yang digunakan.
Secara lebih detail, beberapa penyebab dari munculnya blue screen pada perangkat diantaranya adalah sebagai berikut:


1)    Masalah pada driver yang terinstal

Salah satu penyebab umum munculnya blue screen adalah adanya masalah pada driver yang terinstal pada perangkat Anda. Dalam hal ini, jika masalah disebabkan oleh driver, maka secara umum, blue screen akan menunjukkan pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE. 


Detail di atas terjadi karena sistem operasi tidak mendeteksi secara baik dan menyeluruh terkait perangkat baru yang dihubungkan. Oleh karenanya, drive yang diinstal menjadi crash atau bermasalah.


2)    Perangkat yang terlalu panas

Penyebab lain dari munculnya blue screen adalah perangkat yang terlalu panas. Benar sekali, perangkat yang digunakan dalam waktu yang terlalu lama memiliki kemungkinan terjadinya overheating. Jika hal ini terjadi, maka perangkat akan mengirimkan sinyal melalui blue screen. 


Overheating umumnya lebih sering terjadi pada laptop dibandingkan dengan komputer karena tidak adanya kipas pendingin. Oleh karenanya, salah satu saran yang perlu dilakukan adalah menggunakan cooling pad pada laptop yang Anda gunakan.


3)    Kerusakan pada RAM

Kerusakan yang terjadi pada RAM juga menyebabkan layar blue screen. Sebagaimana diketahui, RAM adalah bagian komputer yang begitu penting, terutama untuk memastikan jika running task komputer berjalan dengan lancar. Nah, jika kondisi RAM terganggu, maka sistem komputer tidak bisa berjalan dengan lancar dan akhirnya terjadi blue screen.


4)    Kerusakan pada VGA

Sama seperti poin sebelumnya, kerusakan pada VGA atau video card perangkat juga menjadi sebab munculnya blue screen. VGA menjadi hal yang sangat penting terutama yang berkaitan dengan grafik dari perangkat tersebut. Nah, jika blue screen muncul dikarenakan kerusakan pada VGA, akan muncul pesan di layar blue screen PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA.


5)    Kesalahan pada boot sector

Penyebab lain dari munculnya blue screen pada layar perangkat Anda adalah kesalahan yang terjadi pada boot sector. Booting adalah hal yang penting untuk masuk ke sistem Windows. Nah, terkadang, sistem ini mengalami gangguan sehingga booting Windows menjadi gagal.


Jika ada masalah pada boot sector, nantinya Anda tidak akan bisa masuk ke menu utama Windows. Dalam kerusakan ini, layar blue screen akan menampilkan detail pesan, yaitu INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE.


Beberapa poin di atas adalah sebab umum terjadinya blue screen, berikut beberapa pesan yang muncul. Sebenarnya, masih ada beberapa sebab lain seperti status system Windows process terminated. Namun, poin di atas adalah hal yang biasanya menyebabkan blue screen pada perangkat Anda.


Bagaimana Mengatasi Masalah Blue Screen?

Pertanyaan di atas seringkali muncul, terutama pada pengguna yang sebelumnya tidak mengetahui apa itu blue screen. Nah, ketika Anda mendapati layar perangkat Anda blue screen, maka sebenarnya Anda tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini dan membuat perangkat Anda normal kembali.


Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi blue screen diantaranya adalah sebagai berikut:


1)    Restart perangkat

Salah satu cara yang paling mudah dan juga efisien untuk mengatasi blue screen yang muncul adalah melakukan restart pada perangkat. Ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Dengan melakukan restart, maka komputer atau laptop yang Anda gunakan nantinya akan berada pada kondisi yang lebih baik.


Restart biasanya dapat diandalkan untuk mengatasi blue screen. Setelah proses restart, umumnya blue screen tidak akan terjadi lagi. Hanya saja, hal ini tergantung dari seberapa parah kerusakan yang sudah terjadi.


2)    System restore

Untuk mengatasi blue screen, Anda juga bisa melakukan system restore. Solusi ini bisa diambil, terutama jika kerusakan yang terjadi pada perangkat yang digunakan telanjur parah.


Untuk melakukan system restore, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Matikan perangkat terlebih dahulu 
  • Hidupkan ulang perangkat tersebut 
  • Klik tombol F8 pada perangkat 
  • Pilih opsi save mode 
  • Masuk ke OS save mode  
  • Nantinya, perangkat Anda akan melakukan restart secara otomatis.

Nah, dengan system restore yang dilakukan, kondisi perangkat Anda akan cenderung lebih baik. Dengan demikian, blue screen tentu tidak akan terjadi lagi.


3)    Repair sistem Windows operation

Jika system restore yang dilakukan untuk mengatasi blue screen masih saja gagal dan layar blue screen masih terjadi, maka Anda bisa melakukan perbaikan pada sistem operasi Windows. Cara ini bisa dikatakan cukup efektif karena akan mengembalikan setting awal dari sistem Windows tersebut tanpa menghapus file yang tersimpan.


Untuk melakukan perbaikan sistem Windows, Anda membutuhkan driver OS tersebut. Selain itu, nantinya ada beberapa langkah lanjutan yang juga perlu dilakukan.


4)    Instal ulang

Instal ulang menjadi opsi terakhir untuk dilakukan ketika blue screen tidak kunjung bisa diatasi. Dengan melakukan instal ulang, maka Anda bisa memilih driver yang paling baru untuk digunakan sehingga keseluruhan sistem Windows bisa dioperasikan dengan baik.


Beberapa hal di atas adalah penyebab blue screen dan juga cara mengatasinya yang perlu diketahui. Jika blue screen terjadi pada layar laptop atau komputer yang Anda gunakan, kini Anda sudah tahu sebab dan apa yang harus Anda lakukan.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »