Tempat Gadai BPKB Mobil yang Aman, Kenali Kriterianya Berikut Ini!

18.55


Gadai menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang memiliki masalah keuangan, entah itu membutuhkan modal untuk bisnis, biaya berobat, pendidikan atau bahkan mencukupi kebutuhan hidup yang semakin lama nilainya senantiasa bertambah. Ada banyak jenis barang berharga yang dapat digadaikan, mulai diantara sertifikat rumah, tanah atau yang paling sering digunakan oleh masyarakat adalah BPKB mobil. Berbicara mengenai tempat gadai BPKB mobil ini di Indonesia sangatlah banyak.

 

Nantinya Anda dapat menggadaikan surat kendaraan tersebut ke bank ataupun lembaga keuangan non bank yang lainnya. Namun harus diketahui bahwa tidak semua tempat gadai yang ada di Indonesia terpercaya. Selektif dalam memilih karena jika tidak maka debitur sendiri yang nantinya akan dirugikan. Karena mungkin barang gadai Anda tidak terjamin keamanannya, resiko mendapatkan bunga yang besar sehingga menyulitkan pengembalian dana atau uang hutang gadai tersebut dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Agar tidak sampai tertipu atau menyesal, maka berikut ini diantaranya beberapa kriteria dalam memilih tempat gadai yang aman, yaitu:

 

  • Lembaga tersebut telah terdaftar dalam OJK, Otoritas Jasa Keuangan yang ada di Indonesia memiliki peran penting dalam mengatur regulasi perusahaan-perusahaan. Apakah mereka menerapkan prinsip yang sesuai dengan standard keamanan yang sudah diterbitkan atau belum. Lembaga yang aman umumnya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi jika seandainya lembaga pembiayaan tersebut belum terdaftar OJK maka jangan sekali-kali mengajukan pinjaman atau gadai kesana.
  • Bunga kecil, nilai suku bunga juga menjadi komponen yang sangat penting untuk diperhitungkan. Patut untuk diingat bahwa suku bunga ini mempengaruhi jumlah yang nantinya harus Anda kembalikan kepada lembaga pembiayaan. Semakin besar jumlahnya sudah pasti akan memberatkan beban pengembalian hutang tersebut. Standard bunga yang normal yang diberikan oleh lembaga gadai adalah 1,5 persen perbulan. Jadi hati-hati jika lembaga pembiayaan tersebut menerapkan bunga yang terlalu besar.
  • Menerima beragam jenis barang gadai, tak hanya surat-surat kendaraan saja, melainkan juga jenis barang gadai lain seperti sertifikat rumah, tanah maupun barang elektronik. Sehingga nantinya masyarakat lebih leluasa untuk ambil pinjaman atau gadai barang kesana.
  • Menjamin keamanan barang yang digadaikan, ketahui bahwa barang yang Anda gadaikan tersebut adalah barang berharga. Jadi lembaga gadai harus menjamin keamanannya. Diantaranya dengan menyiapkan tempat penyimpanan barang gadai tersebut, begitu juga dengan adanya asuransi yang melindungi barang gadai, sehingga lebih terjamin keamanannya. Kelak jika terjadi kehilangan atau barang yang digadaikan rusak, maka lembaga pembiayaan mau bertanggung jawab akan hal tersebut, karena sudah dijamin dengan asuransi.
  • Memiliki jasa taksir yang bersertifikat, lembaga gadai yang terpercaya juga tidak sekedar menaksir harga barang gadai. Melainkan memiliki juru atau jasa taksir yang sudah bersertifikat. Sehingga penaksiran harga barang dilakukan secara objektif. Anda juga bisa mendapatkan plafon pinjaman yang semestinya, sesuai dengan pasaran harga barang yang digadaikan.

 

Itulah setidaknya kriteria tempat gadai BPKB mobil yang aman. Jangan sampai salah pilih karena berhubungan dengan keamanan Anda kedepannya. Pastikan ketika Anda menggadaikan barang maka membayar cicilan tepat waktunya, jangan melebihi tenggang waktu yang sudah ditentukan. Karena resikonya barang yang Anda gadaikan tersebut nantinya bisa saja hilang atau disita oleh lembaga gadai. Patut juga untuk mengetahui beban denda jika seandainya telat membayar.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »