6 Cara Alami Dan Cepat Mengobati Batuk Berdahak

06.15
Pernahkah kamu mengalami batuk berdahak selama berhari hari dan tidak kunjung sembuh, sehingga membuat kamu sangat kesal? Tidak perlu kesal, karena ada banyak cara alami yang cepat untuk mengobati batuk berdahak yang membandel. Dimana cara alami dan cepat tersebut bisa dilakukan di rumah sendiri. Saat kamu mengalami batuk berdahak maka akan dirasakannya bangak gejala yang tidak menyenangkan seperti tenggorokan gatal dan tidur pun terganggu. 

Supaya batuk berdahak yang dialami cepat sembuh dan tidak mengganggu aktivitas lagi, maka ikuti beberapa cara alami dan cepat mengobati batuk berdahak dibawah ini : 

  • Air Hangat

Mengkonsumsi cairan sejak dulu memang dipercaya menjadi cara paling tepat untuk mengeluarkan dahak. Dan lebih jauh lagi adanya sebuah penelitian yang dilakukan Cardiff University Inggris pada tahun 2008 lalu yang menemukan fakta bahwa dengan meminum air hangat maka akan dapat membantu mengobati batuk berdahak secara alami. Nantinya air hangat secara instan dapat memberikan sensasi tenang dan lega dari gejala gejala batuk berdahak. Tetapi tidak hanya air putih saja karena kamu juga bisa meminum air hangat dalam bentuk teh herbal. 

  • Inhalasi Uap Air Panas

Obat batuk berdahak secara alami dan cepat yang kedua masih tentang air panas. Kamu bisa menghirup uap dari air panas untuk memastikan kelembaban udara yang terhirup. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi baskom dengan air panas. Cobalah tundukkan kepalamu diatas baskom sambil menutup atas kepala dengan handuk. Dengan cara ini kamu nantinya bisa lebih leluasa menghirup uap. Lalu bernapaslah secara perlahan. 

  • Madu 

Kepopuleran madu sebagai cara untuk mengobati berbagai penyakit termasuk batuk berdahak,  memang tidak perlu diragukan. Madu yang mengadung antibakteri ini dapat membantu mengeluarkan dahak. Supaya batuk berdahak cepat sembuh, kamu hanya perlu mengkonsumsi madu setiap 4 jam sekali hingga meredanya gejala batuk. Tetapi ingat jika madu ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak berusia dibawah 1 tahun. 

  • Menggunakan Humidifier

Kamu bisa juga memanfaatkan humidifier untuk melembabkan kamar tidurmu. The National Heart, Lung, and Blood Institute sudah merekomendasikan penggunaan humidifier atau steam vaporizer untuk mengatasi batuk   berdahak supaya cepat sembuh. Dengan melakukan cara ini maka akan dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Supaya hasilnya maksimal, pastikan jendela dan pintu tertutup.

  • Menggunakan Essential Oil

Sekarang sudah ada banyak produk essential oil yang mendapat testimoni positif karena dapat mengatasi masalah pernapasan secara ampuh. Umumnya dekongestan alami yang digunakan itu peppermint dan eucalyptus. Kamu bisa menghirupnya secara langsung dari botol ataupun meneteskan pada rendaman air panas. Cara ini diyakini dapat membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak. 

  • Pijat

Untuk membantu membuka jalur pernapasan serta meningkatkan fungsi pembuluh darah paru adalah dengan memijat bagian leher belakang, punggung, dan dada. Selain itu juga dengan melakukan pijatan ini dapat membuat tubuh merasa rileks dan kamu dapat beristirahat dengan optimal. 

Selain itu masih ada cara alami dan cepat lainnya untuk mengobati batuk berdahak yaitu dengan meningkatkan imunitas. Cara meningkatkan kekebalan tubuh ini mudah, kamu hanya perlu mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi seperti kaldu ayam, bawang putih, dan teh jahe. Selain itu juga bisa dengan mengkonsumsi probiotic foods seperti cuka apel, miso, hingga kombucha. 

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »