Tetap Di Rumah, Tetap Aktif dan Produktif

04.22
Serangan virus corona ke berbagai penjuru dunia membuat para petinggi negara mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk menekan penularannya. Salah satunya adalah dengan menghimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di luar, dan melakukan kegiatan dari rumah.  Weekend di rumah, weekdays pun di rumah.

Tetapi hal itu tidak akan menjadi penghalang untuk tetap aktif dan produktif. Dengan memanfaatkan jaringan internet, berbagai kegiatan yang biasa dilakukan dengan tatap muka bisa dilakukan secara online. Nah, di bawah ini adalah kegiatan yang dapat menjaga produktivitas sambil tetap di rumah. 

1. Berolahraga Ringan di Rumah


Pada situasi normal, olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda dapat dilakukan dengan mudah di luar ruangan. Dalam kondisi harus tetap di rumah pun kegiatan olahraga tetap dapat dilakukan. Hanya saja, jenisnya harus lebih disesuaikan.

Latihan kebugaran merupakan pilihan bagus untuk menjaga tubuh tetap bergerak selama di rumah. Jika bingung bagaimana porsi latihan yang baik, mengunduh aplikasi olahraga adalah ide cemerlang. Selain latihan, biasanya aplikasi tersebut memberikan laporan perkembangan. Ada juga yang memberikan tantangan dalam waktu tertentu untuk mencapai suatu target.

2. Belajar Bercocok Tanam


Bercocok tanam dapat menjadi salah satu obat untuk mengatasi kebosanan di rumah. Bagi yang tidak mempunyai lahan luas, bisa memanfaatkan halaman depan atau samping. Usahakan tetap konsisten dalam merawat tanaman yang sudah ditanam. Melihatnya perlahan-lahan tumbuh terkadang bisa menjadi hiburan tersendiri.

Mungkin agak sulit mendapatkan peralatan seperti pot, tanah, bahkan bibit tanaman karena banyak toko tutup. Tetapi, semua itu pasti tersedia di toko online. Beli saja disini agar lebih praktis.

3. Belajar Hal Baru


Apakah ada hal yang selama ini ingin dipelajari tetapi selalu terlupakan karena kesibukan? Jika ada, maka ini adalah saatnya. Lama di rumah akan memberikan waktu lebih untuk dapat menekuni hal baru.

Lakukanlah hal yang dapat dipelajari secara otodidak dari internet. Misalnya bermain gitar, merajut, membuat pernak-pernik DIY, dan masih banyak lagi. Semua itu akan membantu mengisi kekosongan kegiatan selama di rumah.

4. Melakukan Teleconference


Sebagian orang ada yang  tidak dapat meninggalkan pekerjaannya. Mereka tetap harus bekerja dari rumah dan terus berkoordinasi dengan rekan lainnya. Jika itu yang terjadi, maka teleconference adalah cara yang tepat untuk tetap terhubung tanpa melanggar aturan untuk tetap di rumah.

Begitu juga dengan pelajar. Jaringan internet yang memadai tentunya cukup untuk mendukung kegiatan sekolah online. Sehingga, kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung dan tidak terhambat.

Itulah kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan agar tetap aktif dan produktif. Karena, belakangan ini hampir semua orang tidak lagi hanya weekend di rumah, tetapi juga setiap hari. Lakukan kegiatan positif agar tetap sehat dan tidak stress.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »