5 Makanan Untuk Menurunkan Dan Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

07.18
Jika keluarga kamu memiliki riwayat diabetes atau ada yang sedang mengalami kondisi prediabetes, maka sebaiknya harus selalu memperhatikan dan menjaga dengan ketat kadar gula darahnya. Jika sekarang ini kadar gula kamu telah meningkat, maka hal yang harus dilakukan dengan cepat adalah dengan membuatnya untuk segera normal kembali. Untuk bisa menurunkan kadar gula dalam darah ini, selain dengan hanya mengkonsumsi obat obatan dari dokter tetapi juga bisa dengan memperbaiki pola makan. Lalu makanan apa saja yang dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah normal

Berikut dibawah ini 5 makanan untuk menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap normal diantaranya yaitu : 

1. Ikan Dengan Asam Lemak Omega 3 


Supaya kadar gula dalam darah normal kembali, kamu tidak hanya harus menghindari gula dan makanan yang manis saja, karena kamu juga harus membatasi makanan yang mengandung lemak tinggi. Untuk menggantikannya kamu bisa memilih makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan dengan omega 3. Sudah banyaknya penelitian yang membuktikan jika ikan yang mengandung omega 3 ini dapat membantu supaya tetap normalnya kadar gula didalam darah. Terlebih lagi jika ikan ini merupakan makanan yang kaya akan protein sehingga dapat membuat kamu untuk kenyang lebih lama lagi.

2. Telur


Makanan yang mengandung protein tinggi dan lemak rendah memang baik untuk menjaga kadar gula dalam darah. Telur merupakan sumber protein lain yang dapat kamu andalkan untuk menjaga tetap normalnya kadar gula dalam darah. Pasalnya didalam telur ini tidak adanya kandungan nilai indeks glikemik sedikitpun. Dengan begitu telur ini bisa dijadikan sebagai pilihan sumber protein yang tepat bagi kamu yang mengalami prediabetes ataupun mereka yang memiliki peluang tinggi untuk terkena diabetes. 

3. Whole Grain (Biji Bijian Utuh)


Makanan yang terbuat dari whole grain atau biji bijian utuh merupakan makanan yang aman bagi gula darah dan tidak akan membuatnya tiba tiba melonjak. Contoh makanan yang termasuk kedalam kelompok whole grain atau biji bijian utuh ini seperti roti gandum, nasi merah, dan juga oatmeal. Meski kelompak makanan ini termasuk kedalam karbohidrat, tetapi jenis karbohidrat yang satu ini malah akan membantu normal kembali kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks dan mengandung serat maka akan membuat kenyang lebih lama sehingga akan membantu kamu untuk tidak ingin mengkonsumsi makanan yang manis. 

4. Sayur Sayuran 


Jika kamu ingin terbebas dari resiko terkena diabetes maka mulai saat ini harus menyukai segala jenis sayuran. Pasalnya sayuran ini merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup ampuh untuk mengendalikan kadar gula dalam darah supaya tetap normal. Bahkan adanya beberapa penelitian yang mengatakan jika mengkonsumsi sayuran ini dapat membantu menurunkan resiko naiknya gula dan diabetes hingga 14 %.

5. Buah Alpukat 


Buah alpukat tidak hanya mengandung serat saja tetapi juga menjadi sumber lemak yang baik untuk tubuh. Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang telah terbukti dapat membantu untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Selain itu masih ada makanan lain untuk menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap normal yaitu bawang putih. Bumbu dapur ini telah terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, dan bahkan bawang putih ini dapat membantu menormalkan kadar gula dalam darah.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »