Pengertian Tabungan Kurban dan Manfaatnya

18.31
Hari raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Hari raya tersebut identik dengan pemotongan hewan kurban. Hewan yang dapat dijadikan hewan kurban adalah hewan ternak berupa sapi, kerbau, unta, kambing, atau domba yang disembelih dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah melakukan solat ‘id. Hewan yang disembelih juga harus memiliki beberapa syarat yang telah disyariatkan oleh Islam. Hukum berkurban adalah sunnah muaqqad, akan tetapi ada juga ulama yang berpendapat bahwa berkurban hukumnya wajib. Hampir setiap umat Islam ingin melaksanakan ibadah kurban, akan tetapi beberapa diantaranya terkendala dengan dana. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat membeli hewan kurban dengan lebih ringan, diantaranya adalah dengan melakukan tabungan kurban.

Tabungan kurban merupakan suatu program penyimpanan uang dari pendapatan per orang atau pun instansi tertentu yang ditujukan untuk membeli hewan kurban. Saat Anda akan melakukan tabungan untuk kurban dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Biasanya pihak penyelenggara tabungan untuk kurban akan memberikan beberapa periode penabungan. Anda dapat memilih periode sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin memperoleh harga hewan kurban yang lebih murah, Anda dapat melakukan tabungan untuk kurban jauh hari sebelum hari raya Idul Adha. Hal ini disebabkan karena semakin dekat dengan hari raya, maka ketersediaan hewan kurban semakin langka. Karena kelangkaan tersebutlah yang mengakibatkan harga hewan kurban naik dengan bergantinya bulan.

Tabungan kurban memiliki begitu banyak manfaat bagi mereka yang menjalankannya. Manfaat yang sangat dirasakan adalah perencanaan keuangan yang diperuntukkan membeli hewan kurban. Anda tentulah akan merasa lebih ringan dalam masalah keuangan, karena diibaratkan Anda membeli barang dengan cara dicicil. Anda dapat menyisihkan sedikit penghasilan bulanan Anda untuk ditabung. Selain itu, karena Anda mengikuti tabungan hewan kurban, maka Anda akan melakukannya jauh hari sebelum hari besar tiba. Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk memperoleh hewan kurban yang harganya lebih murah.

Ada banyak instansi yang menyelenggarakan tabungan kurban. Hal ini tentulah membuat Anda harus selektif saat akan menentukan mitra Anda untuk menabung. Anda harus memastikan bahwa mitra yang Anda ajak untuk melakukan tabungan berkurban menyediakan kemudahan untuk bertransaksi. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pihak tersebut merupakan pihak terpercaya dan telah memiliki legalitas resmi sehingga Anda akan merasakan ketenangan saat melakukan program tersebut. Demikian beberapa pengertian serta manfaat yang diperoleh jika Anda mengikuti program tabungan berkurban. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin mengikuti program tersebut, Anda dapat mengikuti program tabungan berkurban dari Global Qurban.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »