Cara Packing Makanan Basah, Dijamin Aman Sampai Tujuan

04.08

 


Bila ingin mengirim makanan basah menggunakan jasa pengiriman barang terpercaya. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membungkusnya, agar makanan tersebut bisa sampai tujuan dengan aman.

Seperti diketahui, hadirnya jasa ekspedisi yang ada saat ini, membuat kita bisa mengirim apapun. Salah satunya seperti mengirim makanan, baik itu basah maupun kering. Namun dalam mengirim makanan.

Antara makanan kering dan juga basah, cara packingnya tentunya berbeda. Makanan basah lebih mudah bau, bocor dan beberapa kemungkinan lain. Tetapi jangan khawatir, kita akan bahas cara packing yang benar.

Cara Packing Makanan Basah Lewat Jasa Pengiriman

Mengirim makanan basah ke luar kota memang harus ekstra hati-hati, agar paket tersebut bisa sampai tujuan dengan aman. Berikut ini beberapa cara packing makanan basah yang benar, antara lain :

1. Gunakan wadah kedap udara

Sebelum mengirimnya lewat jasa pengiriman barang, gunakanlah wadah kedap udara untuk membungkus makanan tersebut. Kamu bisa gunakan kotak makan plastic, thin wall container atau wadah plastik dengan vacuum sealer.

Sesuaikan jenis makanan basah yang akan dikirimkan. Tujuan dari penggunaan wadah kedap udara ini ialah untuk mencegah udara luar masuk serta menghindari tumbuhnya bakteri. Dengan begitu makanan tersebut.

Bisa bertahan lama dan juga tidak akan mudah basi. Cara ini juga bisa lebih memastikan penerima atau konsumen bahwa masakan tersebut akan sampai ke penerima dalam kondisi baik.

2. Pastikan tidak ada ruang kosong dalam kemasan

Cara packing berikutnya, sebelum mengirimnya lewat jasa pengiriman, tata atau masukkan makanan tersebut ke dalam wadah secara penuh. Sehingga tidak ada ruang kosong di dalam kemasan.

Gunakan wadah sesuai isi makanan, pastikan bahwa ukurannya benar-benar pas. Hal tersebut tujuannya agar makanan tetap berada dalam kondisi baik selama proses pengiriman. Bila makanan mempunyai bentuk khusus.

Atau rawan hancur, maka dengan mengisi secara penuh, bisa menghindari paket tersebut dari benturan yang bisa merusak bentuk dalam paket. Jadi pastikan tidak ada ruang kosong dalam kemasan.

3. Gunakan wadah yang higienis

Selain menggunakan wadah kedap udara, sebelum mengirimnya lewat jasa pengiriman jangan lupa gunakan kemasan yang higienis dan steril. Masukkan makanan basah itu ke wadah yang benar-benar kering dan bersih. 

Dengan menggunakan wadah semacam itu, makanan dapat terhindar dari bakteri yang menyebabkannya mudah basi. Maka dari itu, pastikan wadah yang akan digunakan steril dan higienis.

4. Lapisi makanan

Setelah memasukkan makanan ke dalam wadah, lapisi wadah tersebut menggunakan selotip. Kamu dapat segel kemasan berlapis-lapis dengan selotip. Tujuannya untuk memastikan bahwa makanan dalam kemasan aman serta tidak mudah tumpah.

5. Pastikan Kemasan atau bungkus kokoh

Sebelum mengirimnya lewat jasa pengiriman, pastikan bahwa kamu sudah membungkus makanan tersebut dengan kemasan yang kokoh. Dalam artian tidak mudah bocor atau tumpah. Untuk memastikannya, kamu bisa mengangkat kemasan.

Dan membolak-balik kemasan tersebut. Jika tidak ada cairan yang keluar atau bagian terbuka maka kemasan sudah pasti kokoh. Sehingga pastikan dulu bungkus yang digunakan kokoh.

6. Cantumkan label pada kemasan paket

Setelah memastikan bahwa sudah mengemas barang dengan aman dan kokoh, berikutnya beri label khusus di luar kemasan paket. Kamu bisa memberi label makanan basah lalu menempelkannya di luar kemasan. 

Informasikan juga kepada pihak jasa ekspedisi agar memberi penanganan khusus serta tidak sembarang menumpuk bareng dengan label ini. Dengan begitu, pihak ekspedisi lebih berhati-hati dalam menyimpan paket selama pengiriman.

Jadi bagi kamu yang ingin mengirimkan makanan basah ke luar kota, kini tidak perlu bingung lagi. Sebab sudah ada cara packing makanan basah agar tetap aman lewat jasa pengiriman terpercaya.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
31 Oktober 2023 pukul 01.06 delete

To ensure the safe delivery of wet food, it's crucial to use an airtight container and avoid any empty spaces in the packaging. Additionally, maintain hygienic and sterile conditions within the container, add layers of tape for extra security, and use sturdy packaging to prevent leaks. Don't forget to include a clear label for special handling during delivery.

Reply
avatar