Apa Itu Rawat Jalan dan Perbedaannya dengan Rawat Inap?

03.12



Sebenarnya apa itu rawat jalan dan juga rawat inap? Namun sebelum itu, penting untuk Anda mempunyai Asuransi Rawat Jalan. Jika membutuhkan informasi dan ingin membuatnya, Anda bisa mengunjungi https://www.myprotection.id/id/products/prima. Supaya Anda tidak khawatir lagi mengenai biaya saat berobat nantinya.

Apa Itu Rawat Jalan?

Rawat jalan merupakan sebuah pelayanan kesehatan dari rumah sakit kepada pasien dalam proses penyembuhan. Mulai dari layanan konsultasi, pemeriksaan, dan pengobatan penyakit yang dapat sembuh dengan waktu singkat. 

Apa Itu Rawat Inap?

Rawat inap juga pelayanan untuk pasien. Nantinya pasien harus opname beberapa hari di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan dan penyembuhan. Biasanya rawat inap wajib bagi pasien dengan penyakit tertentu dan perawatan yang intens. 

Perbedaan Rawat Jalan dan Rawat Inap

Terdapat beberapa perbedaan dari kedua pelayanan tersebut yang dapat Anda pahami secara umum. Perbedaannya, antara lain:

1. Proses Pengobatannya

Perbedaan pertama dari proses pengobatannya. Pada layanan rawat jalan, nantinya dalam pengobatan dan penyembuhan bisa Anda lakukan di rumah. Biasanya setelah berobat, selang beberapa hari pasien akan diminta datang kembali agar dokter bisa melihat perkembangannya. 

Kemudian, untuk rawat inap akan ada proses pengobatan dan penyembuhan secara penuh di rumah sakit. Sehingga, dokter bisa melihat dan memeriksanya secara rutin. Setelah dokter memberikan keterangan bahwa pasien sudah benar-benar sembuh, maka boleh pulang. 

2. Tempat Pemeriksaan dan Pengobatan

Berikutnya, yaitu perihal tempat untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Bagi Anda yang menjalani rawat jalan, akan pergi ke poliklinik sesuai dengan jenis penyakitnya. Setelah mendapatkan obat, Anda boleh langsung pulang. 

Lalu, untuk rawat inap akan langsung menuju ruang khusus yang nantinya terdapat juga pasien-pasien lainnya. Pada proses pemeriksaan dan pengobatannya, dokter akan mengunjungi ruangan pasien tersebut secara langsung. 

3. Biaya

Terakhir dari segi biayanya. Ketika Anda melakukan perawatan jalan, biasanya hanya memerlukan biaya yang lebih sedikit. Orang-orang yang pergi ke poliklinik nantinya hanya membayar biaya obat saja. 

Sedangkan, untuk Anda yang rawat inap, akan memerlukan biaya yang cukup banyak, karena harus memerlukan fasilitas kesehatan lainnya. Beberapa fasilitas kesehatan yang harus pasien bayar, seperti kamar, peralatan medis, infus, dan kunjungan dokter. 

Tapi saat ini, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena terdapat program pemerintah untuk jaminan kesehatan masyarakat. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ketika berobat ke rumah sakit dan tetap mendapatkan pelayanan kesehatan secara penuh.  

Sudah Paham Perbedaan Rawat Jalan dan Rawat Inap?

Intinya, rumah sakit selalu memberikan pelayanan yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan pasien dalam proses pengobatan dan pemeriksaannya. Seperti kedua pelayanan rumah sakit yang telah dijelaskan di atas. Jadi, apakah Anda sudah paham tentang apa itu rawat jalan dan rawat inap?

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »