Apa itu Provider Internet? Apa Saja Layanan dan Fungsi yang Diberikan

18.13

Pixabay


Provider internet merupakan salah satu pertimbangan seseorang ketika akan menggunakan layanan internet di kantor. Penyedia provider yang baik pasti akan menyediakan jaringan internet yang berkualitas pula.

Nah, saat ini seiring berkembangnya zaman, selain provider internet kantor juga membutuhkan Multiprotocol Label Switching (MPLS) guna memperlancar komunikasi data yang menghubungkan bisnis yang tersebar di berbagai lokasi. Oleh karena itu, datacomm cloud business dari https://linknet.id/ menjadi pilihan terbaik untuk perusahaan untuk memastikan komunikasi data secara online berjalan dengan lancar dan terjamin keamanannya. Namun sebelum membahas lebih dalam, yuk ketahui terlebih dahulu apa itu provider internet!

Pengertian Provider Internet

Provider internet adalah perusahaan atau lembaga yang menyediakan dan memberikan layanan akses internet kepada konsumen. Dikenal juga dengan ISP atau Internet Service Provider. Layanan yang diberikan mulai dari skala lokal sampai global.

Jenis Layanan yang Diberikan

Setelah memahami tentang perusahaan penyedia layanan internet, maka mungkin Anda juga perlu paham tentang layanan yang diberikan oleh penyedia akses. Ada dua jenis layanan yang biasanya diberikan oleh para penyedia internet, seperti berikut ini:

1. Dial up

Jenis layanan yang pertama yang banyak disediakan penyedia internet adalah dial up. Layanan ini akan menggunakan kabel telepon sebagai media untuk transmisi. 

Dari segi biaya, layanan ini cenderung lebih murah. Layanan ini bisa terpasang di rumah atau kantor, selama jangkauan kabel telepon sudah sampai ke tempat tersebut.

2. Broadband

Jenis layanan yang kedua dari penyedia internet adalah broadband. Pada layanan ini, media transmisi yang banyak digunakan adalah sinyal radio. Dari segi layanan, broadband ini memang lebih cepat, namun juga lebih mahal dari segi biaya. 

Layanan ini juga menjadi solusi untuk pemasangan internet di daerah yang belum masuk jalur kabel.

Fungsi Penyedia Layanan internet

Selain paham tentang apa itu provider internet, maka Anda juga perlu tahu tentang fungsi dari penyedia internet. Fungsi dasar dari penyedia internet adalah menyediakan layanan akses untuk pengguna, agar bisa mengakses internet.

Penyedia layanan akan memberikan akses tersebut berupa perangkat modem agar pengguna bisa mengakses internet. Nantinya, penyedia layanan akan melakukan verifikasi IP dari modem tersebut. Jika sesuai, maka akses internet bisa Anda dapatkan. Selain itu, beberapa fungsi lainnya dari penyedia internet, antara lain:

  • Menjadi media untuk membantu proses upload dan download.
  • Menghubungkan user dengan gateway terdekat.
  • Menghubungkan pengguna dengan layanan web.
  • Menyediakan berbagai perangkat agar pengguna bisa masuk ke jaringan internet.

Yuk, Pilih Provider Internet Terbaik!

Selain pertanyaan tentang apa itu provider internet? Mungkin Anda juga akan bertanya bagaimana mendapatkan penyedia layanan internet terbaik? Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membandingkan harga dengan paket layanan yang Anda dapatkan. 

Selanjutnya, Anda juga bisa mencari tahu tentang provider tersebut dengan melihat pengalaman orang lain yang telah menggunakannya. Pastikan juga penyedia layanan internet ini memiliki tim support yang bisa membantu Anda 24 jam setiap harinya. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penyedia layanan internet terbaik. Dengan memiliki internet yang lancar, komunikasi secara online pun bisa berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »