Keuntungan Memilih Investasi di Reksadana Sedini Mungkin, Yuk Cari Tahu!

05.48


Generasi muda saat ini sudah harus melek investasi untuk bisa mengelola uang dengan lebih baik. Jangan hanya foya-foya dan mengikuti gaya hidup yang tidak ada habisnya. Perlu juga diingat masa tua yang memerlukan banyak biaya. Tidak mau ya masa tua harus terus menerus bekerja dengan keras? Nah, maka dari itulah, yuk mulai kelola keuangan dengan lebih bijak, salah satunya adalah dengan menyisihkannya untuk investasi.


Investasi bisa dilakukan dengan berbagai instrumen. Bisa emas, saham, surat obligasi, aset kripto, sampai dengan reksadana. Di aplikasi Pluang, sudah ada pilihan investasi reksadana. Jika melakukan investasi reksadana di Pluang akan merasakan banyak kemudahan, mulai dari bisa ikut berkontribusi pada pembangunan negara lewat produk reksadana pendapatan tetap UOBAM Dana Membangun Negeri sampai dengan bisa dibeli dan dijual kapan saja.


Yuk cari tahu di bawah ini keuntungan yang akan kamu dapatkan dari berinvestasi di reksadana sedini mungkin.


1. Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu hanya perlu modal yang kecil untuk bisa investasi di reksadana. Seperti yang sebelumnya disebutkan, kamu hanya perlu uang Rp. 15 ribu saja jika ingin investasi reksadana di Pluang. Meski modal kecil, namun keuntungan yang didapatkan terbilang tinggi. Nilai rata-rata keuntungan yang didapatkan dalam setahun bisa mencapai 20 persen.


Keuntungan tersebut lebih tinggi dibandingkan menyimpan uang secara deposito. Untuk deposito rata-rata keuntungan yang didapatkan dalam setahun hanya rentang 3-5 persen saja. Bahkan melakukan deposito di Bank Indonesia pun juga profitnya sekarang mentok 4,5 persen. 


2. Memiliki Risiko Kerugian yang Kecil

Setiap usaha tentunya memiliki risiko, pun sama dengan berinvestasi di reksadana. Namun jika dibandingkan dengan jenis lainnya, investasi ini memiliki risiko yang terbilang rendah. Contohnya saja dalam hal keamanan membeli berbagai produk reksadana di pasar modal, hanya perusahaan dengan sekuritas saja yang boleh menjualnya.


Selain itu, jaminan lainnya yang membuat banyak orang memilih reksadana adalah sangat mudah dicairkan. Jadi, jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa segera dijual. Tidak perlu menunggu 1 tahun seperti deposito.


3. Memiliki Manajer Investasi Jadi Lebih Mudah

Jika dibandingkan dengan investasi lainnya, misalnya saja saham atau kripto, reksadana lebih mudah dilakukan. Pasalnya akan ada manajer investasi yang membantu mengelola berbagai dana yang kamu salurkan. Jika ingin tahu lebih dalam mengenai berbagai investasi yang diambil, juga bisa belajar lebih dalam dengan manajer investasi.


Karena peran manajer investasi yang sangat vital, penting sekali memilih yang terpercaya dan kompeten di bidangnya. Jangan asal percaya dengan omongan ya. Banyak sekali manajer investasi yang dipilih, seleksi dengan lebih baik ya. Pastikan sang manajer terdaftar di berbagai lembaga resmi yang sudah ditentukan.


Sementara untuk biaya yang dikeluarkan, jangan khawatir. Biasanya biaya manajer investasi ini ditanggung bersama-sama dengan investor lain, jadi uang yang dikeluarkan jadi lebih terjangkau, sisanya bisa dialokasinya jadi modal.


4. Menjaga Nilai Uang Anda dari Inflasi

Secara mudahnya, inflasi merupakan kenaikan harga yang terjadi secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Ini bisa terjadi pada jasa atau barang-barang keperluan kamu. Nah, nilai inflasi yang tinggi dibandingkan uang yang kamu miliki bisa membuat penghasilanmu tergerus inflasi.


Bayangkan saja jika pendapatan atau gajimu tidak pernah naik, stagnan di nilai yang sama, akan keteteran juga. Maka dari itulah guna menekan inflasi yang terus menerus terjadi, kamu perlu melakukan investasi. Dan salah satu yang bisa dilakukan adalah investasi reksadana ini.


Misalnya saja kamu memilih mobil atau kendaraan lainnya untuk investasi, nilainya akan semakin turun tiap tahunnya. Bukan tipe investasi yang menguntungkan. Namun jika reksadana, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, rentangnya 6-20 persen.


5. Bekal Masa Tua yang Lebih Terjamin

Terjadinya inflasi setiap waktunya, kebutuhan yang terus meningkat membuat masa tua harus dipersiapkan dengan lebih baik. Dan reksadana menjadi pilihan investasi yang bijak, karena bisa dilakukan dengan modal kecil, resiko minim dengan keamanan terjamin. Jika dilakukan secara rutin, makan masa tua akan terjamin.


Sekarang ini banyak sekali orang-orang di masa tuanya kesulitan ekonomi dan melakukan berbagai pekerjaan yang berat. Maka dari itulah persiapkan masa tua yang lebih baik dengan uang hasil investasi. 


6. Bisa Dilakukan Secara Online dan Bebas Pajak

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika memilih investasi reksadana adalah bisa dilakukan secara online. Jadi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hanya berbekal smartphone dan jaringan internet, kamu bisa melakukan investasi mendapatkan mentoring dari manajer investasi. Sangat memudahkan sekali. Terlebih lagi saat ini masa pandemi, pilihan yang bijak.


Namun memang pembelian reksadana di platform online sejauh ini masih terbatas pada pasar uang. Jadi jika ingin merasakan berbagai jenis investasi reksadana, bisa melakukannya secara offline.


Selain itu, hal penting yang perlu kamu ketahui instrumen investasi reksadana ini tidak termasuk objek pajak. Jadi saat penjualan dana kamu tidak perlu dipotong uang apapun. Artinya, keuntungan yang didapatkan akan langsung masuk ke rekening tanpa potongan pajak. Yang masuk ke kantong pribadi lebih banyak.


Itulah deretan keuntungan yang akan kamu dapatkan dari investasi di reksadana. Hanya dengan modal yang kecil, kamu akan dapatkan keuntungan yang besar. Namun selalu ingat selalu pelajari terlebih dahulu semuanya, termasuk cara-cara berinvestasi, tentang manajer investasi dan lain sebagainya.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »