Mengenal Tabungan Haji Beserta Keuntungannya

02.38

radarbanten.co.id

Sebagai seorang muslim, menjalani ibadah haji merupakan salah satu impian besar. Akan tetapi, saat ini untuk menunaikan ibadah tersebut bukan hal yang mudah. Pasalnya, pelaksanaannya hanya berlangsung setahun sekali dengan kuota yang terbatas. Biaya untuk berangkat haji tidaklah murah, sehingga calon peserta haji harus pintar dalam mengatur keuangan, salah satunya dengan tabungan haji.


Di Indonesia sendiri, antrian untuk berangkat haji sudah sangat panjang. Alasannya tentu karena peminatnya sangat banyak mengingat negara kita ini mayoritas penduduknya merupakan seorang muslim. Untuk Anda yang ingin berangkat haji, memiliki tabungan haji sangat disarankan. Tujuannya tentu agar biaya yang dikeluarkan bisa dicicil dalam kurun waktu tertentu, sehingga tidak terasa berat. 


Apa Itu Tabungan Haji ?

Sebagian dari Anda mungkin belum memahami apa itu tabungan yang dikhususkan untuk haji. Tabungan haji merupakan jenis tabungan untuk menyimpan uang yang akan digunakan untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Ada banyak layanan tabungan ini dari bank-bank di Indonesia, termasuk PermataTabungan iB Haji dari PermataBank.


Jenis tabungan ini berbeda dengan yang sering digunakan orang untuk berbelanja online. Nasabah tidak bisa mengambil uang yang yang ada di tabungan tersebut dalam kurun waktu tertentu. Tabungan baru bisa dicairkan setelah terkumpul sesuai dengan nominal untuk berangkat haji. Maka dari itu, harus benar-benar dipikirkan dengan baik sebelum membuka tabungan ini.


Menabung di bank untuk keperluan berangkat haji saat ini menjadi trend yang bagus. Karena siapapun bisa memulai untuk menabung tanpa khawatir dengan keamanan uangnya. Jika dibandingkan dengan menabung di rumah, sangat disarankan untuk menabung uang untuk berangkat haji di bank. 


Cara membuat rekening haji juga sangat mudah, apalagi dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Informasi sangat mudah didapatkan, tidak perlu bingung mengenai hal ini. Jika ingin membuka tabungan seperti PermataTabungan iB Haji, Anda bisa langsung menuju kantor banknya atau melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X. Prosesnya hampir sama seperti Anda membuat rekening pada umumnya.


Keuntungan Memiliki Tabungan Haji di  PermataTabungan iB Haji

Di Indonesia sendiri, ada banyak bank yang menyediakan jenis tabungan ini dengan syarat yang mudah, termasuk PermataBank. Perusahaan perbankan ini memiliki satu produk unggulan yaitu PermataTabungan iB Haji Reguler. Tabungan ini cocok untuk Anda yang ingin segera menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Lalu, apa saja kelebihan produk ini ?

  • Sudah Pasti Berangkat

Jika Anda membuat tabungan untuk haji khususnya PermataTabungan iB Haji, Anda sudah dipastikan akan berangkat. Pasalnya, pihak bank langsung mendaftarkan Anda sebagai calon peserta haji ke Kementerian Agama Republik Indonesia. Segala prosesnya akan dibantu, sehingga Anda tidak perlu repot melakukan pendaftaran sendiri.

  • Uang Lebih Aman

Saat berurusan dengan uang, ada rasa khawatir berkaitan dengan keamanannya. Apalagi uang tersebut bakal digunakan untuk berangkat haji. Tapi tenang, uang Anda di bank jauh akan lebih aman dibandingkan menyimpannya di rumah. Bank memiliki keamanan yang super ketat, sehingga akan sulit untuk pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan tindakan yang merugikan.

  • Persyaratan yang Mudah

Membuka tabungan haji bukanlah hal yang sulit lagi, persyaratannya tidak akan merepotkan Anda. Dan yang jelas, Anda hanya perlu memberikan informasi data diri beserta setoran awal saja sampai. Nasabah harus berusia minimal 17 tahun untuk bisa membuka tabungan ini.

  • Setoran Awal yang Ringan

Setoran awal yang dibebankan ke nasabah hanya Rp. 250 ribu saja. Dengan nominal tersebut, memungkinkan siapa saja untuk bisa mulai menabung untuk bisa berangkat haji. Setoran berikutnya, nasabah hanya perlu membayar sebesar Rp. 50 ribu saja. Ini sangat meringankan nasabah yang mungkin masih memiliki gaji yang tidak terlalu besar.

  • Tanpa Biaya Bulanan

Tidak perlu khawatir tabungan akan terpotong setiap bulan untuk biaya administrasi. Karena PermataBank sendiri tidak menarik biaya untuk hal tersebut, sehingga nasabah akan lebih diuntungkan. Seringkali, biaya bulanan kerap menjadi momok bagi sebagian orang yang membuat mereka ragu untuk mulai menabung.

  • Mudah Untuk Melakukan Transaksi

PermataBank telah memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi. Mereka menyediakan fasilitas transaksi melalui kantor PermataBank, Permata Syariah hingga Kantor Kementerian Agama melalui layanan satu atap PermataBank Syariah. Nasabah bisa dengan mudah melakukan setoran, karena dibantu langsung oleh petugas yang berpengalaman. Pembukaan rekening pun saat ini sudah bisa dilakukan secara online lewat aplikasi mobile banking Permata Mobile X.

  • Memiliki Wadah Untuk Berkonsultasi

Saat menemukan kendala saat menabung, nasabah akan lebih mudah berkonsultasi dengan petugas PermataBank baik secara online maupun offline. Bukan hanya itu, nasabah juga bisa berkonsultasi mengenai bagaimana nantinya mengatur keuangan saat menunaikan ibadah haji kepada orang yang berpengalaman. Inilah yang menjadikan menabung di bank untuk berangkat haji lebih direkomendasikan. 


Sekarang sudah waktunya Anda untuk membuka tabungan haji. Banyak keuntungan yang akan didapatkan dan memudahkan Anda untuk bisa segera berangkat ke tanah suci. Pastikan Anda memilih bank yang kredibel agar kenyamanan  saat menabung bisa dirasakan.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »