Siaga 24 Jam, Tips Memilih CCTV untuk Keamanan Rumah

06.46
Saat ini, memasang CCTV di rumah sudah semakin populer. Dengan adanya CCTV, Anda dapat menjaga keamanan rumah dan keluarga selama 24 jam. Bahkan, Anda bisa memastikan keamanan rumah dari jarak jauh. CCTV bisa menjadi bukti otentik apabila Anda ingin melaporkan aksi kejahatan yang terjadi di sekitar rumah ke aparat yang berwajib.

Jika Anda ingin memasang CCTV di rumah, maka Anda harus mempertimbangkan CCTV yang akan digunakan. Berikut adalah beberapa tips memasang CCTV untuk keamanan rumah yang bisa diikuti.

Sesuaikan dengan Anggaran


Pastikan Anda mengetahui biaya yang dianggarkan khusus untuk membeli perangkat CCTV. Setelah mengetahui ketersediaan anggaran, Anda bisa memilih kamera CCTV yang tepat. Sebab, ada berbagai jenis kamera CCTV dengan harga yang bervariasi. Jika dana yang dimiliki minim, jangan memilih kamera CCTV dengan resolusi tinggi karena harganya yang mahal. Anda dapat memilih jenis kamera CCTV dengan resolusi rendah ataupun TVL yang jauh lebih terjangkau.

Salah satu yang menjadi pilihan masyarakat adalah IP camera (network camera) yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau namun memiliki fungsi cukup mendukung. Network camera memiliki sistem yang memadukan komputer dan kamera dan melakukan perekaman dari kamera yang akan langsung dikirimkan melalui IP network. 

Menentukan Lokasi Peletakkan Kamera


Setelah Anda memilih produk CCTV yang sesuai, selanjutnya Anda harus menentukan tempat kamera CCTV tersebut akan dipasang. Kamera CCTV luar ruangan (outdoor) memiliki spesifikasi khusus yang berbeda jika dibandingkan dengan kamera CCTV untuk di dalam ruangan (indoor).

Kamera CCTV outdoor dapat mengatur eksposur dari cahaya matahari sehingga gambar yang diambil akan tampak jelas. Selain itu, Kamera CCTV outdoor memiliki jumlah LED infra merah yang lebih banyak daripada CCTV indoor. Fungsi LED infra merah adalah agar gambar tetap jernih dan jelas saat waktu malam.

Jika Anda ingin membeli CCTV untuk di dalam ruangan, maka Anda harus menyesuaikan bentuk CCTV dengan medium pemasangannya. Kamera CCTV yang dipasang pada plafon, tembok, dinding, atau tempat tersembunyi memiliki bentuk kamera yang berbeda.

Memperhatikan Spesifikasi Kamera CCTV


Perhatikan lebih detail kamera CCTV yang Anda pilih apakah telah memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Spesifikasi tersebut seperti resolusi gambar, daya tahan, kekuatan kamera, dan aksesoris yang terdapat pada paket kamera CCTV tersebut. Spesifikasi kamera CCTV akan menentukan hasil rekaman. 

Mengutamakan Titik Rawan 


Ketika memilih CCTV, tentu Anda ingin seluruh area rumah terpantau oleh kamera. Maka dari itu, Anda bisa memilih produk CCTV yang dijual secara paket dan tersedia beberapa kamera sekaligus dari indotrading.com. Dengan memasang kamera di berbagai titik, maka pengawasan akan dilakukan lebih detail.

Namun, yang terpenting adalah meletakkan CCTV pada tempat atau titik yang rawan dan wajib diawasi, misalnya pintu gerbang, tangga, halaman rumah, dan lain sebagainya.

Menyesuaikan Fungsi Kamera 


Fungsi dari CCTV ada bermacam-macam disesuaikan dengan tempat Anda memasangnya. Untuk CCTV yang dipasang di rumah, Anda harus memperhatikan ada tidaknya fungsi perekaman, fungsi backlight, dan fungsi jarak jauh. Selain itu, perhatikan juga jumlah piksel dan warna yang dihasilkan dari kamera CCTV.

Konektivitas dan Power Source


Beberapa kamera CCTV beroperasi menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan CCTV tersebut, Anda harus memperhatikan lokasi kamera dengan router atau wireless access point. Termasuk, apabila terjadi pemadaman listrik, seharusnya kamera CCTV masih bisa berfungsi dengan baik.

Nah, dari beberapa tips memilih CCTV untuk keamanan rumah di atas, mana nih yang paling pas untuk kebutuhan Anda?

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »