Cara Membuat Seblak Yang Lezat

20.44
Seblak adalah makanan khas sunda yang kini sudah ada juga di daerah lainnya. Bahkan seblak menjadi cemilan yang digemari anak muda. Seblak menjadi favorit anak muda karena rasanya yang gurih dan pedas. Seblak menjadi sajian yang lezat ketika nongkrong bersama teman. Tidak heran adan beberapa orang yang membuat seblak instan. Tetapi seblak instan biasanya kurang nendang karena tidak bisa sesuai selera banyak orang dari segi pedasnya. Seblak sendiri mempunyai sejarah yang unik sebenarnya. Seblak adalah makanan orang yang dulu tidak punya lauk pauk. Dilihatnya hanya ada kerupuk dan bumbu dapur. Lalu dibuatlah kerupuk menjadi makanan. Namun siapa sangka seblak kini banyak disukai. Nah, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat seblak yang pasti lezat.

1. Seblak Kerupuk Dan Batagor Kering

Resep seblak yang pertama ini mudah dibuatnya. Anda siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti ¼ kerupuk, dan 10 buah batagor kering. Untuk bumbunya anda siapkan kencur, penyedap rasa, cabe merah, 2 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah.

Pertama yang anda lakukan adalah merendam kerupuk dan batagor kering terlebih dahulu ke wadah yang barisi air hangat. Diamkan kira-kiran selama 15 menit. Setelah itu anda siapkan bumbu dengan menghaluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih dan juga kencur. Selanjutnya anda tumis hingga wangi. Setelah itu masukan kerupuk dan batagor yang direndam tadi. Selanjutnya masukkan garam sekitar 1 sendok teh atau lebih. Selanjutnya tambahkan penyedap rasa sesuai selera. Jangan lupa beri air sesuai dengan kuah yang anda inginkan. Masak hingga empuk. 

2. Seblak Mie Telur Dan Tulang

Seblak kini bukan hanya berisi kerupuk. Inovasi seblak telah berkembang. Seblak juga bisa dari tulang ayam. Tulang ayam yang anda bisa beli di pasar tradisional. Biasanya tulang tersebut dari ayam yang hanya diambil dagingnya saja. Nah, anda beli seperempat atau setengah saja tulang ayam. Lalu anda pilih mie telur yang dibungkus kecil-kecil. Jangan lupa bumbunya yaitu 5 buah cabe merah keriting, 3 buah cabe pedas, 3 siung bawang putih, 1 buah kunyit sebesar kuku, 1 buah kencur sebesar kuku jempol. 

Cara membuat seblak mie telur dan tulang mudah untuk anda buat. Pertama  anda rebus dahulu tulang hingga matang. Jangan lupa cuci bersih dahulu. Lalu setelah itu anda haluskan semua bumbu seprti cabe, bawang, kunyit dan juga kencur. Anda tumis dengan sedikit minyak. Lalu beri air semangkuk. Selanjutnya anda masukkan mie telur dan juga tulangnya. Masukkan garam dan juga masako. Masak hingga matang. 

3. Seblak Makaroni, Telur Dan Siomay Kering

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat seblak ini adalah makaroni segenggam kecil saja, 1 buah telur ayam, siomay kering 10 buah. Selanjutnya anda juga siapkan bumbu yang hampir sama yaitu 3 buah cabe keritingn, 5 buah cabe pedas, bawang merah 2 buah saja, 3 bawang putih, kencur sedikit, kunyit sedikit dan kecap. 

Cara membuat seblak ini adalah dengan menghaluskan bawang, cabe, kencur, dan juga kunyit. Anda tumis hingga wangi sambil masukkan telur yang sudah dipecahkan. Lalu anda tambahkan air 1 mangkuk sedang. Masukkan makaroni dan siomay kering. Nah, anda bisa tambahkan garam dan kecap sesuai selera. Tunggu hingga matang dan makan dengan nasi enak. 

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »