Inilah Hal Hal yang Menyebabkan Hidung Anda Tersumbat

01.27
Hidung tersumbat tentunya membuat Anda tak nyaman saat beraktivitas. Penyebab hidung Anda tersumbat bisa terjadi karena banyak hal. Jadi, ketika jaringan dakam hidung Anda terganggu hidung pun jadi tersumbat. Gangguan ini bisa karena iritasi saat menghirup polusi udara, seperti paparan asap rokok dan dari asap kendaraan. ISPA dan influenza merupakan contoh dari gangguan hidung tersumbat.

Apabila udara kotor terhirup oleh Anda maupun terkena alergi, maka jaringan hidung pada selaput yang lapisi saluran hidung Anda akan terjadi peradangan. Hal itulah yang membuat hidung memproduksi lendir atau ingus. Hidung Anda jadi tersumbat karena adanya lendir ini. Agar cepat reda gunakan obat semprot hidung sesekali saja.

Penyebab Hidung Tersumbat


Penyebab hidung tersumbat bisa terjadi karena bermacam-macam hal. Berikut ini uaraian lengkapnya;

1. Batuk pilek


Adanya benda asing misal infeksi, kotoran, ataupun peradangan pada saluran napas di bagian atas, yakni hidung serta tenggorokan, hal inilah yang membuat Anda terkena batuk dan pilek. Pilek membuat hidung Anda tersumbat, biasanya pilek sembuh dengan sendirinya sekitar 7-10 hari ke depan.

2. Flu


Virus yang menyerang sistem seperti hidung, tenggorokan, hidung dan paru-paru membuat Anda terkena flu atau infuenza. Hidung Anda tersumbat pun sangat mungkin terjadi. Hal yang menjadi masalah ketika flu ialah komplikasi, sebab flu bisa sembuh dengan sendirinya.

3. Sinusitis akut


Batuk pilek sebenarnya dalam waktu 10 hari bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi ketika sinusitis menyerang, jaringan hidung jadi meradang dan membengkak hingga rongga hidung Anda jadi menyempit. Dengan begitu produksi lendir pun meningkat.

4. Alergi


Tubuh Anda akan bereaksi ketika alergi terpapar dengan zat-zat penyebab alergi. Anda akan mengalami gangguan dalam sistem pernapasan bila terkena Rinitis alergi, sehingga rongga hidung Anda memproduksi banyak lendir, terkadang membuat Anda bersin. Hidung Anda tersumbat memungkinkan terjadi dengan kondisi tersebut.

Anda tak perlu khawatir bila hidung tersumbat karena penyebab yang ringan. Terjadi masalah jika adanya komplikasi, maka Anda perlu waspada. Sedangkan jika Anda kembung minumlah vometa tablet untuk perut kembung.

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »