5 Tips Memilih Perusahaan Pinjaman Kilat Terbaik

08.21
Pinjaman kilat memang jadi salah satu alasan mengapa banyak sekali orang mendapatkan pinjaman uang dengan mudah dan praktis daripada mengajukan pinjaman ke bank.

Tetapi, kondisi tersebut justru memiliki celah keamanan dan kelemahan. Kerap kali kita tidak menyadari beberapa kesalahan dalam mengajukan pinjaman kepada perusahaan pinjaman kilat terpercaya.

Ujung-ujungnya ketika terlilit utang, kesalahannya malah dibebankan kepada fintech. Padahal screening awal ada di tangan konsumen. Ibarat mencari jodoh, carilah sesuai dengan bobot, bibit, dan bebetnya.

Nah, bagaimana caranya mencari perusahaan yang terpercaya? Berikut ini adalah tipsnya.   

Telah Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Salah satu cara paling sederhana, kamu tinggal melakukan verifikasi apakah perusahaan pinjaman kilat tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengapa ini penting?

Karena perusahaan yang sudah terdaftar di OJK sudah melalui seleksi ketat dengan berbagai standar yang ditetapkan sesuai dengan Undang-Undang.

Perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK dianggap layak untuk menjalankan operasionalnya terutama dalam melayani masyarakat umum.

Selain itu, OJK juga menjamin jika terjadi permasalahan akan lebih mudah menyelesaikannya karena sudah ada payung hukum yang melindungi konsumen.

Eksis secara offline maupun online

Perusahaan yang sudah mendapatkan pendanaan dan investor akan terlihat eksis baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Hal ini juga menjadi salah satu pertimbanggan. Pasalnya tidak mungkin sebuah perusahaan merusak reputasinya yang sudah sulit mereka bangun dengan memasang iklan besar-besaran baik secara online maupun offline.

Eksistensi perusahaan fintech lending cukup mudah kok kita ketahui keberadaannya lewat iklan-iklan yang gencar mereka tayangkan di sosial media hingga televisi nasional.

Punya Reputasi Baik

Jejak digital saat ini menjadi salah satu bukti kuat untuk menunjukkan reputasi sebuah fintech lending terbaik dan terpercaya.

Kamu juga bisa menelusuri beberapa komentar konsumen atau rating di aplikasi mereka. Bagaimana cara mereka menyelesaikan komplain dari konsumen juga menjadi salah satu hal yang bisa kamu nilai.

Punya Bunga Rendah

Pada dasarnya bunga pinjaman yang diberikan lembaga konvensional tidak lebih dari 3% saja perbulan. Sayangnya banyak masyarakat yang tidak menyadari dengan ketentuan seperti ini.

Tingginya bunga yang ditetapkan oleh fintech lending membuat OJK pun turun tangan dan memberikan sindiran agar para fintech lending ini tidak terlalu banyak mencari untung dari konsumen.

Untuk itulah kamu sudah harus curiga jika ada perusahaan yang memberikan bunga tinggi bahkan ditetapkan bunga harian. Pahami segala risikonya sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

Pilih fintech terpercaya seperti Kredivo

Mengutip pemberitaan di Kontan, Kredivo sudah terdaftar di OJK sejak 21 Maret 2018. PT FinAccel yang menjadi perusahaan tempat Kredivo bernaung sudah mendapatkan bukti terdaftar di OJK dengan nomor surat S-236/NB.213/2018.

Lalu bagaimana jika kamu tertarik mendaftar lewat Kredivo? Pastikan dulu bahwa kamu sudah memenuhi persyaratan di bawah ini.
  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Kredivo memberikan limit sampai dengan Rp 30 juta. Bunganyanya pun sangat rendah, bahkan 50% lebih rendah daripada lembaga keuangan non bank lainnya.

Cicilan untuk pinjaman kilat pun fleksibel mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan dengan bunga mulai dari 2,95% saja per bulan.

Proses pendaftarannya bisa dilakukan secara online. Unduh saja dulu aplikasi resminya di Google Play Store maupun App Store. Lalu pilih Akun Premium dan unggah beberapa dokumen berikut ini dengan langkah-langkahnya.

  • Foto selfie diri dan KTP
  • Bukti tempat tinggal
  • Cicilan express: hubungkan 1 akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi
  • Cicilan reguler: upload 2 dokumen (STNK, tagihan kartu kredit/telepon/listrik/air, atau Kartu Keluarga)
  • Bukti penghasilan
  • Cicilan express: hubungkan 1 akun internet banking dari rekening gaji
  • Cicilan reguler: upload 2 dokumen (slip gaji, mutasi rekening 2 bulan terakhir, bukti potong pajak)

Kredivo punya jaringan lebih dari 200 e-commerce di Indonesia. Setelah disetujui, kamu bisa langsung bertransaksi secara online maupun offline.

Itulah beberapa tips memilih perusahaan pinjaman terbaik. Cara pendaftarannya juga sangat mudah sekali bukan?

Perkenalkan, saya adalah admin dari websait ini, jadi jika Anda ingin bekerjassama dengan websait in silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »