Serba Serbi UNBK Tahun 2017

10.51
Salam Simphony. Bagaimana Ujian Nasional tahun ini menurut Anda?. Jawabannya pasti bermacam-macam. Ujian Nasional pada tahun ini menggunakan model baru yang sebenarnya sudah lama diperbincangkan dalam beberapa tahu sebelumnya. Sebelumnya masih menggunakan pencil yang ketika melingkari jawaban jangan sampai keluar lingkaran pada lembar jawaban. Namun, sekarang hanya tinggal klik pada mouse yang dipegang dan tidak perlu lagi menggunakan papan lagi untuk mengalasi lembar jawaban.
Hal tersebut memang sangat membantu siswa dalam megerjakan soal UN agar lebih cepat dan bisa dibilang tidak ketinggalan zaman lagi. Dengan begitu siswa tidak perlu takut lagi lembar jawabannya berlubang karena terlalu keras dalam melingkari jawabannya.

Namun, pada tahun ini banyak kejadian-kejadian yang membuat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi terhambat dan tidak berjalan seperti apa yang diharapkan. Seperti listrik yang mati ketika para siswa mengerjakan soal, dan siswa harus menuggu listriknya hidup kembali, karena Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini sangat bergantung dengan aliran listrik yang besar.

Selain itu juga ada permasalahan lain semisal beberapa siswa dalam sebuah sekolahan tidak bisa login ke dalam server pusat, dan hal tersebut menghambat siswa dalam mengerjakan soal ujian nasional. 

Contoh lainnya adalah hilangnya beberapa layar komputer atau bahkan semuanya sebelum dilaksanakannya Ujian Nasional Berbasis Komputer, hal tersebut membuat pihak penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi kebingungan karena alat utama dalam mengerjakan ujian telah hilang. Untungnya komputer server pada sekolah tersebut tidak ikut hilang, karena data siswa berada dalam komputer server sekolah tersebut.

Memang dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Komputer ini membuat siswa yang berada dalam lingkungan yang mendukung bisa merasakannya, tanpa harus berpindah tempat ke sekolah yang sudah mampu menerapkannya. Coba kita lihat yang terjadi di pedalaman atau lingkungan tertinggal, secara otomatis mereka tidak mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini, kadang ujian yang mash bersifat manual saja mereka masih kesulitan.

Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini, masih ada beberapa kekurangan yang terjadi di samping ada kelebihan yang didapatkannya. Karena semua hal yang dilakukan demi kemajuan bangsa itu ada kelebihan dan kekurangannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »