Cara Aman Pinjam Uang di Fintech Pinjam Online

22.45
Menggunakan aplikasi layanan pinjam online memang kadang-kadang masih dibayangi dengan perasaan khawatir.

Di antaranya seperti penjualan data kepada pihak ketiga, bahkan penagihan utang kepada teman-teman nasabah dengan mengirimkan lewat pesan singkat yang datanya bisa diambil dari ponsel pengguna.

Lalu bagaimana sebenarnya keamanan data saat memutuskan untuk memilih pinjam online?

Di sinilah konsumen diuji dalam menyeleksi aplikasi yang memberikan pinjaman online dengan syarat mudah.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk menghindari penyalahgunaan data oleh beberapa fintech nakal. 

Terdaftar di OJK

Isu penyalahgunaan data oleh fintech nakal sebetulnya sudah dijamin asalkan fintech tersebut terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK sudah mengatur bahwa fintech wajib menjaga kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan data pribadi hingga data transaksi dan data keuangan yang dikelolanya sejak data diperoleh hingga data tersebut dimusnahkan yang tercantum dalam pasal 26 dalam Peraturan OJK tahun 2016.

Bahkan dengan tegas, OJK juga sudah mengatur dalam pasal 39 bahwa penyelenggara dilarang dengan cara apapun memberikan data atau informasi mengenai pengguna kepada pihak ketiga.

Artinya, jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh fintech yang terdaftar di OJK, OJK bisa langsung memprosesnya bahkan mencabut izin operasionalnya sebagai bukti sanksi tegas. 

Keamanan Berganda

Selain mempertimbangkan hanya menggunakan layanan yang terdaftar di OJK, konsumen juga harus paham bahwa fintech yang terpercaya selalu menggunakan sistem keamanan berganda.

Contohnya seperti Kredivo yang menjamin bahwa semua data-data terenkripsi dengan baik. Sehingga sudah mengikuti standar keamanan untuk melindungi data-data nasabah sesuai dengan aturan dari OJK.

Untuk transaksi pun tak hanya dilengkapi dengan PIN untuk login tapi juga sistem keamanan one time passwords (OTP) untuk transaksi di atas Rp 200 ribu. 

Sistem keamanan OTP ini nantinya akan mengirimkan kode unik langsung ke handphone kamu untuk sebagai fitur keamanan ganda dalam bertransaksi secara digital. 

Bunga Rasional

Terakhir dan juga paling penting adalah bunga rasional. Beberapa lembaga keuangan konvensional saja hanya memberikan bunga antara 1%-3% saja perbulan.

Dasar inilah yang harus dijadikan patokan jika kamu memang berniat untuk pinjam online lewat aplikasi.

Jangan mudah terpedaya dengan kemudahan dan fleksibilitas pinjaman yang ditawarkan jika bunga yang ditetapkan sangat tinggi. Apalagi jika aplikasi pinjaman online tersebut mengenakan bunga hingga 1% per hari, sudah jelas bahwa bunga tersebut kelewat tinggi.

Hal ini memang sudah menjadi salah satu sorotan OJK. OJK berharap fintech bisa merasionalisasi bunga yang dibebankan pada debitur sehingga tidak memberatkan. 

Pinjam Online lewat Kredivo lebih Aman

Kredivo sudah memenuhi tiga syarat tersebut. Terdaftar di OJK, punya sistem keamanan berganda dan bunga rasional hanya 2,95% saja per bulan.

Syarat pendaftarannya pun sangat mudah. Jika kamu sudah berusia 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan dan tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, sudah bisa mengajukan pinjaman maupun memanfaatkan layanan beli secara kredit lewat Kredivo.

Bagi pengguna akun cicilan maupun akun cicilan premium bisa memanfaatkan kredit limit hingga Rp 30 juta, untuk mengajukan pinjaman tunai yang akan ditransfer langsung ke rekening yang didaftarkan.

Kredivo menyediakan dua fitur layanan pinjaman tunai yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo.

Untuk pinjaman mini bisa ajukan pinjaman tunai mulai dari Rp 500 ribu dengan tenor 30 hari. Bunganya ringan kok, hanya 2,95% per bulan saja.

Begitu juga dengan pinjaman jumbo. Perbedaannya hanya dari besaran nominal dan tenor cicilan.

Untuk pinjaman jumbo, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 1 juta dengan pilihan tenor 3 bulan atau 6 bulan.

Sebagai contoh, jika ingin mengajukan pinjaman tunai sebesar Rp 2 juta, kamu tinggal mencicilnya sebesar Rp 713.580 dalam waktu 3 bulan atau mencicil sebesar Rp 375.070 dalam waktu 6 bulan. 

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan saja bahwa kondisi finansial kamu dalam kondisi baik. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan saat membayar cicilan sesuai dengan jatuh tempo yang sudah ditetapkan.

Nah, itulah beberapa tips dan trik cara aman ajukan pinjaman pada fintech terpercaya. Untuk meminimalisir risiko menjadi korban fintech pinjam online selanjutnya, kamu sebagai nasabah juga harus pintar-pintar memilih fintech yang terjamin keamanannya!

Perkenalkan, saya adalah admin dari websait ini, jadi jika Anda ingin bekerjassama dengan websait in silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »