Cara Praktis Supaya Liburan Nggak Bikin Kantong Bolong

04.05
Punya kartu kredit nggak lagi jadi satu-satunya cara supaya kamu bisa liburan murah, hemat, dan bisa cicilan akomodasi travel. Sekarang, ada juga cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo yang tersedia online 24 jam buat kamu yang mau merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. 

Kredit akomodasi travel adalah salah satu cara paling praktis supaya liburan nggak menguras isi kantong terlalu banyak. Sebab, akomodasi travel seperti tiket pesawat, kereta, penginapan, hingga tiket masuk ke tempat wisata di destinasi tujuan memakan porsi anggaran paling banyak dari biaya liburan. 

Kalau menabung per bulannya untuk liburan dirasa terlalu sulit dan banyak godaan, maka kamu bisa mengakalinya lewat cicilan. Misalnya, memesan tiket pesawat dan hotel di Januari untuk liburan sekitar bulan November atau Desember dengan cara cicilan tanpa kartu kredit tenor angsuran 12 bulan. Maka, dari Januari hingga Desember, kamu bakal punya kewajiban untuk membayar angsuran akomodasi travel tersebut. Tanpa disadari ini sama dengan “menabung”. 

Supaya lebih leluasa memilih tiket perjalanan dan hotel, maka kamu perlu punya limit cicilan tanpa kartu kredit yang lebih dari cukup. Nggak cuma itu, fasilitas cicilan tanpa kartu kredit ini juga sebaiknya berlaku di banyak online travel agent supaya kamu bisa membandingkan harga akomodasi travel dan mendapat rate terbaik. 

Dengan daftar Kredivo sebagai penyedia cicilan online tanpa kartu kredit, kamu berpeluang mendapat limit kredit hingga Rp 30 juta. Limit kredit yang kamu dapat, nantinya bisa langsung digunakan untuk belanja aneka barang di e-commerce &  mencicil akomodasi travel atau paket liburan di OTA rekanan Kredivo (mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Tiket.com, Panorama Tours, MomoTrip, dan masih banyak lagi yang lainnya), atau dicairkan menjadi pinjaman tunai untuk kebutuhan darurat. 

Supaya bisa daftar Kredivo, kamu cukup memenuhi tiga persyaratan ini: 

1. Sudah berusia 18 tahun ke atas. 
2. Punya penghasilan tetap minimum Rp 3 juta per bulan. 
3. Berdomisili/tinggal di wilayah Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan. 

Kemudian, download aplikasi Kredivo di ponselmu melalui Google Play Store atau App Store, dan klik “Apply for Kredivo”. Semua proses pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi, termasuk memotret dan mengunggah berbagai dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP, slip gaji, rekening koran, Kartu Keluarga, dan STNK. 

Untuk opsi kredit “Bayar dalam 30 Hari”, proses pendaftarannya cukup sampai tahap unggah foto KTP dan isi form data diri. Sementara untuk opsi “Cicilan”, kamu perlu mengunggah dokumen tambahan lainnya sebagai persyaratan. Supaya bisa menikmati fasilitas di Kredivo dengan maksimal, sebaiknya kamu daftar untuk dua opsi tersebut sekaligus. Untuk fasilitas pencairan limit jadi pinjaman tunai di aplikasi Kredivo, hanya berlaku bagi pengguna yang sudah terdaftar di akun Cicilan. 

Setelah selesai mendaftar, langkah selanjutnya kamu hanya perlu tunggu proses verifikasi dan approval dari Kredivo dalam waktu 1 x 24 jam. Ketika pendaftaranmu disetujui, kamu akan langsung dapat email dan notifikasi beserta sejumlah limit kredit di akun Kredivo-mu. Limit inilah yang nantinya bisa langsung kamu gunakan untuk cicilan tanpa kartu kredit akomodasi liburan di berbagai OTA rekanan Kredivo. 

Selain bisa dapat fasilitas maksimal, apa bedanya metode “Bayar dalam 30 Hari” dan “Cicilan” di Kredivo? 

Perbedaan utamanya ada pada suku bunga. Untuk Bayar dalam 30 Hari, transaksimu nggak akan dikenakan bunga sama sekali. Sedangkan untuk Cicilan, opsi tenornya lebih banyak, yaitu 3/6/12 bulan, dengan suku bunga 2,95% per bulan untuk cicilan barang ataupun akomodasi travel. Selain itu, dibanding dengan Bayar dalam 30 Hari, limit yang diberikan Kredivo untuk opsi Cicilan juga jauh lebih besar. 

Supaya bisa cicilan dengan tenor sampai 12 bulan, minimal akomodasi travel yang kamu pesan harus berjumlah Rp 1 juta. 

Salah satu syarat wajib agar bisa cicilan dengan Kredivo adalah minimum pembelanjaan di e-commerce/OTA harus berjumlah Rp 1 juta ke atas. Ini berlaku baik untuk barang ataupun akomodasi liburan. Untuk akomodasi liburan, jangan lupa untuk membandingkan harga dari satu OTA ke OTA lain supaya mendapat rate harga terbaik untuk tiket pesawat, kereta, kapal, hotel, hingga paket liburan. 

Kalau sudah memilih akomodasi yang sesuai dengan rencana liburanmu, selanjutnya tinggal lanjutkan proses pemesanan, checkout ke pembayaran, dan pilih metode cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dengan Kredivo. Kamu juga akan diberi opsi tenor angsuran beserta simulasi kredit yang transparan di bagian pembayaran. 

Butuh uang saku tambahan untuk liburan? Kamu bisa cairkan limit di akun Kredivo jadi pinjaman tunai

Nggak cuma bisa mencicil akomodasi liburan, apabila butuh uang saku tambahan, kamu juga bisa mencairkan limit di akun Kredivo-mu dalam bentuk pinjaman tunai. Pinjaman tunai dari Kredivo memiliki suku bunga yang sama dengan cicilan barang: 2,95% per bulan. Jumlah pinjamannya juga variatif, mulai dari Rp 500 ribu dan maksimal sesuai limit kredit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. 

Tapi sebaiknya, jangan mengambil cicilan akomodasi liburan bersamaan dengan pengajuan pinjaman tunai. Pilih salah satunya yang paling kamu butuhkan. Selain bisa membuat histori dan skor kreditmu menurun, mengambil dua jenis pinjaman sekaligus bisa membuat keuanganmu terbebani dua kali lipat nantinya. Nggak mau, kan, habis liburan malah pusing mikirin angsuran? Maka, pertimbangkan dengan bijak sebelumnya, ya! 

saya adalah orang yang suka dengan pemandangan alam, dan juga suka dengan kegiatan outdoor lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »