Fitur dan Fungsi Kamera Mirrorless

16.47
Mungkin para pecinta fotografi atau bahkan masyarakat awam yang gemar memotret tentunya mulai bingung dengan banyaknya jenis kamera yang ditawarkan di pasaran. Toko kamera juga semakin banyak menjual jenis kamera-kamera bari dengan merk yang bervariasi. Begitu juga dengan bagaimana mereka  jual kamera mirrorless yang saat ini lagi banyak digemari karena beberapa alasan. Salah satunya karena bobot kamera mirrorless yang terhitung lebih ringan dan rampingnya body kamera mirroless jika dibandingkan dengan kamera digital single lens reflect atau kamera DSLR.

Pada dasarnya kamera mirrorles ini memiliki sistem yang sedikit berbeda dengan kamera digital single lens reflect atau kamera DSLR. Karena bodinya yang terhitung kecil dan ramping, kamera mirrorless ini juga banyak disebut  dengan Mirrorless Interchangeable Camera (MILC). Body yang ramping ini juga menjadi sebuah daya tarik baru dan membuat orang lebih berpikir ulang untuk membeli DSLR yang terhitung berat. Toko kamera yang  jual kamera mirrorless inipun juga memanfaatkan kelebihan kamera mirrorless yang kecil dan ramping ini untuk berpromosi. Mengenai sitem kerja, perbedaan mendasar dari kamera mirrorles dengan DSLR atau digital single lens reflect ini adalah tidak adanya cermin mekanik untuk memantulkan tampilan objek ke optik view nya.  Namun secara fungsi, kamera mirrorles ini hampir mirip dengan DSLR. Sensor yang dimiliki kamera mirrorless ini kebanyakan juga relatif sama dengan sensor yang dimiliki oleh kamera DSLR pada umumnya. Hanya tidak adanya cermin pemantul itulah yang membedakan antar DSLR dengan mirrorless. Namun, kamera mirrorless dilengkapi dengan sistem viewfinder elektronis.

Meskipun sekilas hampir tidak ada bedanya antara kamera DSLR dengan kamera mirrorless, sebenarnya mereka berdua tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini yang terkadang tidak disebutkan dalam promosi-promosi di toko yang  jual kamera mirrorless.  Kamera mirrorles sebanarnya lebih tangguh untuk memotret objek diam atau still object karena kamera mirrorless ini punya sistem autofokus yang berbeda. Jika pada DSLR, jumlah cahaya lebih banyak nampak di dalam lensa dan dipantulkan oleh cermin kamera, kedalam penta-prisma dan view-finder, dari situlah kita bisa mengatur arah fokus kamera. Tapi karena mirrorless memiliki autofokus yang cenderung lebih lambar dibanding DSLR, kamera mirrorless akan sangat maksimal untuk digunakan memotret objek diam.

Selain itu, kamera mirrorless ini juga akan lebih maksimal ketika kamu ingin eksplorasi manual fokus setiap kamu ingin menangkap objek. Hal ini dikarenakan adanya fokus peaking yang membantu para penggunanya untuk memaksimalkan penggunaan manual lensa. Tentunya jadi hal sangat menarik untuk lebih dalam lagi mengenal kamera mirrorless bukan? Dan faktanya, hal tersebut terkadang tidak diungkapkan ketika sales toko kamera yang  jual kamera mirrorless mulai berpromosi.

Saya berasal dari suatu daerah di jawa tengah, yang banyak menghasilkan tananman tembakau, dan hidup dalam suatu tempat yang masih sejuk akan keaslian alam dan kicauan burung-burung. itulah kota kecil yang di sebut kota temanggung

Artikel Terkait

Previous
Next Post »