Indonesia Runner Up Pada Piala AFF 2016

06.33

Kisah dramatis terjadi kala Indonesia menghadapi Vietnam di semi final AFF 2016. Yang semula Indonesia sudah menang di leg pertama yang digelar di stadion Pakansari Cibinong Bogor, dengan skor yang tipis 2-1, yang masing-masing gol dicetak oleh Hansamu Yama Pranata dan Boaz Sallosa, sedangkan dari Vietnam dicetak oleh Nguyen Van Quyet.

Laga kedua yang digelar di kandang Vietnam juga tidak kalah dramatis, yang mana skor sama-sama kuat 2-2. Pada laga tersebut banyak peluang yang tercipta dari kedua tim, namun hanya sedikit yang menghasilkan peluang tepat ke arah gawang.

Sebelumnya skor 2-1 dengan kemenangan Vietnam, dan dilanjutkan dengan perpanjangn waktu, karena agregat gol sama-sama 3-3. Gol Indonesia pada babak menit perpanjangan waktu  yang dicetak melalui titik pinalti.

Laga tersebut banyak diwarnai dengan keluarnya banyak kartu dari wasit dan juga keputusan kontrofersi dari wasit. 

Indonesia akhirnya masuk ke final AFF 2016, dan akan bertemu dengan tim terkuat di wilayah Asia Tenggara, yaitu Thailand. Di mana dalam beberapa pertemuan difinal AFF dengan Thailand, indonesia selalu kalah dan hanya mampu merebut juara dua saja.

Pada leg pertama Indonesia mampu mengalahkan Thailand dengan skor 2-1, gol dari Indonesia dicetak oleh Hnsamu Yama Pranata dan Rizki Pora, sedangkan gol dari Thailang dicetak oleh Terasil Dangda.

Laga yang dilakukan di stadion Pakansari Bogor tersebut sangatlah menengangkan, karena Indonesia pada awalnya tertinggal satu kosong pada babak pertama. Namun, comeback dari para pemain bisa menghasilkan 2 gol pada babak kedua.

Pada leg ke-2 yang dilakukan dikandang Thailand menang dengan skor 2-0 atas Indonesia, dari kedua gol yang berhasil membobol gawang Kurnia Meiga dicetak oleh Siroch Chatthong. Atas hasil tembuat Thailand menang agregat atas Indonesia dengan skor 3-2.

Hal tersebut membuat Indonesia mendapat julukan “Raja Tanpa Mahkota” layaknya timnas Belanda yang juga sering masuk dalam piala dunia namun tak pernah memperoleh gelar juara.

Belanda masuk final piala dunia sebanyak 3 kali namun tetap menjadi Runner Up, begitu juga dengan Indonesia yang sudah masuk final pada piala AFF sebanyak 5 kali, namun tetap hanya mampu memperoleh status Runner Up, dan ditambah lagi Indonesia kalah 3 kali dari Thailand di final, juga hasil yang terbaru pada piala AFF 2016.

Indonesia memang layak mendapat julukan “Raja Tanpa Mahkota” di wilayah Asia ini. Bagaimana tidak, masuk final sebanyak 5 kali namun hasilnya hanya mendapatkan status Runner Up. Mungkin Indonesia belum mendapatkan kesempatan dalam mendapatkan juara dalam Piala AFF ini, dan kita berharap Indonesia juara dalam piala AFF yang akan datang dengan peraturan yang baru. 

Forza Indonesia, kami rakyat Indonesia bersatu, tidak membedakan ras, agama, suku karena sepak bola, kami selalu mendukung Indonesia diajang apapun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar