3 Peranan Penting Customer Service dalam Industri E–Commerce

02.28
Industri e – commerce saat ini ini telah berubah wujud menjadi suatu usaha atau bisnis yang potensial sekali di seluruh dunia termasuk di negara kita sendiri. Perkembangan industri tersebut tidak lepas juga dari peranan customer service atau CS yang menjadi ujung tombak setiap perusahaan yang bergerak dalam bisnis tersebut. Layanan CS ini  tidak boleh diabaikan karena berperan sebagai ujung tombak dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan maupun keluhan baik bersifat positif maupun negatif yang perlu direspon untuk menunjukan profesionalitas brand anda. Maka dari itu, kini pelatihan CS penting sekali untuk setiap orang yang bekerja menjadi customer service. Lalu apa sajakah peranan dari CS itu sendiri? Simak berikut pemaparannya:
  1. Peran utama customer service ialah melayani setiap keluhan dan menjawab pertanyaan – pertanyaan dari pelanggan. Interaksi antara perusahaan dan pelanggan merupakan hal yang perlu dijaga agar pelanggan puas dan tidak lari menggunakan brand atau layanan dari kompetitor. Maka dari itu, pelatihan CS penting untuk meningkatkan profesionalitas dalam pekerjaan yang mereka emban. Semua keluhan serta pertanyaan perlu dijawab secara detail hingga mereka puas dan mendapatkan jawaban mandiri atas keluhannya melalui layanan CS.
  2. Berperan dalam menjalankan suatu aplikasi customer care platform yang saat ini sudah mulai digunakan oleh perusahaan – perusahaan yang bergerak dalam industri e – commerce. Aplikasi berbasis web ini memiliki fitur multi chanel yang dapat menghubungkan atau menyatukan berbagai saluran customer service dari mulai saluran media social, web chating, aplikasi chating, SMS, VoIP dan sebagainya ke dalam satu dashboard yang menjadi wadah untuk menampung semuanya. Sehingga pada nantinya, setiap admin CS hanya perlu mengakses satu dashboard saja untuk bisa terhubung pada saluran – saluran tersebut dalam interface yang sederhana dan juga memiliki desain yang menarik untuk dilihat dan digunakan.
  3. CS saat ini pun bahkan menjadi ujung tombak agar pelanggan tidak lari pada brand kompetitor. Sebagai pasukan yang berada di garda paling depan, CS nantinya akan berinteaksi dengan pelanggan dan memberikan berbagai jawaban – jawaban yang diajukan pelanggan dan menerima serta merespon setiap keluhan dan feedback baik yang positif maupun negatif agar pelanggan merasa dihargai dan juga untuk menjalin kedekatan antara brand dengan customer. Dalam kata lain, interaksi yang dilakukan oleh CS dengan pelanggan merupakan suatu strategi marketing yang bisa dimanfaatkan dalam peningkatan layanan.

Itulah ketiga peranan yang paling mendasar dari seorang customer service untuk perusahaan. Saat ini, setiap perusahaan bisa meningkatkan layanan customer service menjadi lebih baik guna meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan CS tersebut melalui customer care platform dari Sociomile. Platform tersebut adalah aplikasi web yang bisa mempermudah dan juga mengfisiensi pekerjaan CS menjadi semakin lebih baik.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »