Fakta Tentang Alergi Yang Harus Kamu Ketahui

21.37
Apa yang kamu ketahui tentang alergi? Apakah alergi suatu penyakit? Banyak orang yang sayangnya masih kurang memahami. Alergi pada dasarnya bukan merupakan suatu penyakit melainkan reaksi alamiah dari tubuh akibat adanya kontak dengan substansi asing. Jadi, alergi bisa dicegah dan ditangani dengan baik. Reaksi yang timbul akibat alergi bisa bermacam-macam mulai dari timbulnya bintik-bintik hingga sesak nafas. Alergi tidak mengenal usia. Bahkan bayi yang baru lahir pun bisa mengalami alergi ataupun orang tua. Biasanya, faktor DNA atau genetis juga berperan cukup besar untuk menularkan kecenderungan alergi. Nah, sebagai orang awam, pastikan mengetahui berbagai fakta mendasar tentang alergi ini.
  • Alergi Bisa Disebabkan oleh Berbagai Hal
Salah jika kamu beranggapan bahwa alergi hanya disebabkan oleh makanan tertentu saja. Sebaliknya, berbagai hal bisa menyebabkan reaksi alergi bahkan hal-hal yang terbilang aneh. Alergen atau substansi pemicu alergi meliputi makanan, benda asing, bagian tertentu dari hewan, udara, panas, serbuk bunga, obat-obatan tertentu dan berbagai hal lain. Untuk mengetahui alergen apa yang menyebabkan reaksi alergi, perlu dilakukan tes uji alergi di rumah sakit atau klinik terdekat. Beberapa jenis tes yang umum dilakukan adalah Tes Uji Kulit, Tes Provokasi, Tes Darah dan Uji Intradermal
  • Reaksi Alergi Bisa Berubah Seiring Usia
Sebagian besar orang mungkin tidak tahu bahwa reaksi alergi yang muncul bisa berubah-ubah seiring bertambahnya usia seseorang. Misalnya ketika masih anak-anak, reaksi yang muncul adalah sesak nafas sedangkan ketika sudah dewasa reaksi yang kerap muncul adalah adanya ruam di kulit.
  • Alergi Tidak Bisa Disembuhkan Total
Meskipun alergi bukan penyakit namun sayangnya alergi bukan sesuatu hal yang bisa disembuhkan. Sekali seseorang mengidap alergi, maka hal tersebut akan terus ada sepanjang hidupnya. Hanya saja tingkat keparahan alergi yang dapat berubah termasuk jenis reaksi yang muncul. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara mencegah alergi.
  • Alergi Dapat Berujung Kematian
Banyak orang menganggap alergi sebagai hal remeh. Padahal, beberapa jenis alergi dapat menyebabkan kematian. Biasanya, alergi tingkat parah disebut dengan anafilaksis. Pada tingkat ini, reaksi alergi yang muncul dapat memicu pembengkakan di tenggorokan atau saluran nafas sehingga seseorang tidak bisa bernafas dan kemudian meninggal jika tidak segera ditangani.

Saya berasal dari suatu daerah di jawa tengah, yang banyak menghasilkan tananman tembakau, dan hidup dalam suatu tempat yang masih sejuk akan keaslian alam dan kicauan burung-burung. itulah kota kecil yang di sebut kota temanggung

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar