Tips Mudah Merawat Rumah Kayu

00.09
Memiliki rumah kayu tentunya perlu Anda rawat dengan baik dan dengan rutin. Apalagi karena saat ini rumah kayu dapat dikatakan sedang hits di dalam dunia properti. Setelah beberapa kali terjadi bencana alam gempa bumi di Indonesia, rumah kayu dianggap tahan terhadap gempa. Walau memang rumah kayu yang banyak pada saat ini tidak sepenuhnya sama dengan rumah panggung, tetapi banyak model yang dibuat untuk rumah kayu tersebut. Apalagi saat ini masyarakat sangat senang terhadap nuansa alami di dalam rumah. Beberapa di antara mereka mungkin jadi lebih memilih untuk menjadikan rumahnya sebagai rumah kayu jika dibandingkan dengan hanya menggunakan beberapa elemen kayu di dalam rumah.

Karena terbuat dari bahan yang alami, tentu bahan kayu perlu perawatan khusus karena rentan terhadap berbagai macam gangguan. Mulai dari kayu yang lapuk, terkena serangan rayap, dan lain-lain. Itulah alasan mengapa Anda perlu merawat rumah kayu Anda dengan cara-cara di bawah ini.

Coating

Tak hanya berlaku pada rumah kayu, jika di rumah Anda juga terdapat beberapa elemen kayu misalnya furnitur yang berbahan dasar dari kayu sebaiknya Anda lakukan coating ulang secara rutin. Minimal lakukan setiap enam bulan sekali. Terutama kayu yang berhubungan langsung dengan bagian luar rumah yang terpapar langsung dengan cuaca, sinar matahari, angin dan hujan.

Ada beberapa jenis coating yang bisa Anda pilih, Pilihlah yang seusai dengan kebutuhan Anda. Misalnya ada coating yang dibuat agar serat-serat kayunya terlihat dengan jelas. Namun, pilihlah coating yang berkualitas dan juga ramah lingkungan.

Hindari dari Rayap
Rayap adalah salah satu musuh dari bahan bahan kayu. Jangankan rumah kayu Anda yang perlu diperhatikan, setiap furnitur yang berbahan kayu juga rawan sekali untuk diserang oleh rayap. Karena itu penting sekali untuk mencegah dan memusnahkan rayap. Untuk melakukan tindakan pencegahan dari serangan rayap, Anda perlu menyuntikkan cairan anti rayap khusus di antara kayu. Sedangkan, untuk memusnahkan rayap-rayap yang sudah mengganggu itu, Anda bisa menyemprotkan cairan pestisida anti rayap. Selanjutnya, Anda perlu perhatikan kondisi dari kayu yang sudah diserang oleh rayap tersebut. Jika kayunya sudah lapuk dan rapuh lebih baik Anda segera menggantinya sebelum kondisi kayu semakin buruk. Parahnya, rumah Anda bisa jadi rubuh karena kayu sudah tidak kuat lagi untuk menahan beban.

Perawatan Rutin
Sebelum Anda menentukan untuk menggunakan rumah kayu, Anda harus tahu mengenai beberapa perawatan yang harus rutin Anda lakukan terhadap rumah Anda. Beberapa hal tersebut misalnya sering mengelap menggunakan kain jika ada debu-debu yang menempel. Tapi, hindari menggunakan lap basah karena akan membuat kayu jadi lembap. Atau minimal, segera keringkan jika Anda menggunakan air untuk membersihkan. 

Dalam aktivitas di dalam rumah juga perlu Anda perhatikan, terutama dalam hal pergeseran perabotan. Jangan sampai ketika Anda sedang menggeser kursi meja makan, secara tidak sengaja Anda meninggalkan bekas goresan di lantai kayu Anda. 

Untuk mengepel lantai juga ada beberapa ramuan khusus dari campuran tumbuhan agar hasilnya kayu bisa jadi lebih kinclong dan mengilap. Campurkan cengkeh ke dalam air untuk mengepel. Tak hanya itu, kayu juga bisa jadi awet sampai dengan ratusan tahun.

Bagian dapur juga perlu Anda perhatikan aktivitasnya. Pasalnya, asap hasil kegiatan masak di dapur lama kelamaan bisa membuat kondisi kayu jadi lebih kusam. Karena itu, sebisa mungkin hindari pergerakan asap yang menuju langit-langit rumah kayu dengan menggunakan cooker hood.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar