Inilah 10 Kuliner Khas Ambon Yang Menggugah Selera Para Food Hunter

18.24
Photo: Indonesiakaya.com

Bagi anda yang mengaku seorang food hunter dan sering berwisata kuliner, sudah mencoba makanan nusantara dari daerah mana saja? Jika kuliner nusantara di pulau Jawa sudah Anda jelajahi semua, saatnya memperluas wilayah pencarian kuliner lezat anda dengan pergi ke daerah provinsi Maluku, khususnya di daerah Ambon. Kenapa Ambon? Selain harga ticket pesawat menuju Ambon yang sangat terjangkau, kuliner disini mempunyai ciri khas tersendiri, kelezatannya pun tentu saja akan membuat Anda ketagihan. Apa sajakah kuliner lezat di Ambon manise? Berikut daftarnya.

●    Ikan Kuah Pala
Ikan kuah pala Banda adalah salah satu kuliner asli penduduk kepulauan Banda yang terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Dan tahukah anda? Kelezatan ikan kuah pala ini telah di kenal sejak beratus-ratus tahun yang lalu! Dimasa lalu, ikan kuah pala dihidangkan sebagai menu utama sebagai sajian untuk menjamu para pejabat Belanda yang datang ke pulau Banda. Kuah sopnya yang terasa begitu segar, merupakan paduan dari rasa asam yang bercampur dengan pedas dari buah pala. Sebagai perlengkap, sajian ikan kuah pala umumnya dihidangkan dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, serta sambal bekasang yang di buat dari ikan cakalang tumbuk.

●    Papeda
Papeda merupakan makanan pokok masyarakat Ambon dan terdapat di hampir semua daerah di Ambon. Bahan bakunya berupa sagu yang diolah menyerupai bubur, berwarna putih dan memiliki tekstur menyerupai lem dan rasanya hambar. Papeda merupakan makanan pokok pengganti nasi, dan untuk menyantap Papeda, sebaiknya disantap saat masih panas bersama kuah ikan kuning. Cara menyantap papeda tidak seperti kita menyendok nasi, karena tekstur nya yang lengekt, cara menikmati papeda yaitu dengan dipilin menggunakan alat seperti sumpit kayu, kemudian dipindahkan ke piring yang sudah diberi kuah kuning, dan segera lahap selagi panas.

●    Nasi Lapola
Nasi lapola merupakan campuran nasi dan kacang tolo atau di daerah Jawa disebut dengan kacang kedele merah.Cita rasanya gurih dan pulen, cara membuatnya pun mudah, beras dimasak sampai setengah matang, lalu dicampurkan dengan kacang tolo rebus, garam, dan kelapa parut. Semua campuran tadi diaduk sampai rata, setelah itu dikukus hingga matang. Nasi tampola ini selain gurih, nikmat dan  mengenyangkan, juga kaya akan karbohidrat.

●    Nasi Kelapa
Jika dilihat sekilas, nasi kelapa memiliki tampilan mirip dengan nasi uduk, bahan dasar keduanya memang hampir sama, namun yang membedakannya yaitu pada cara pembuatan dan penambahan sambal kelapa. Untuk membuat nasi kelapa ini pun membutuhkan teknik khusus. Setelah nasi dikukus setengah matang, lalu disirami dengan santan pekat, lalu dikukus kembali hingga matang. Nasi kelapa biasa disajikan dengan berbagai macam jenis lauk seperti ikan bakar, sambal colo-colo, ikan asin, telur asin, dan gorengan jagung. Makan nasi kelapa tidak akan lengkap jika tidak memakai pendamping wajibnya, yaitu sambal kelapa.

●    Pisang Asar
Nama pisang asar diambil karena proses memasaknya yaitu dengan cara di panggang/di asar didalam oven. Namun tidak semua jenis pisang dapat dibuat untuk menjadi pisang asar, hanya pisang raja yang cocok dijadikan pisang asar karena teksturnya yang lebih padat dan tidak akan lembek jika di panggang.Menyantap pisang asar ini sangat cocok untuk teman minum teh atau kopi.

●    Gogos
Jika di pulau Jawa kita mengenal lemper, maka di Ambon namanya Gogos. Kalau lemper berisi suwiran daging ayam, abon ataupun cacahan tempe, gogos memiliki isian berupa suwiran ikan. Bahan baku gogos sendiri terdiri dari ketan yang diisi suwiran ikan, dibungkus daun pisang lalu dibakar, paling nikmat bila disajikan saat masih hangat sambil dinikmati dengan kopi atau teh.

●    Bubur Sagu Ubi
Selain dijadikan papeda, masyarakat Ambon biasa mengolah sagu menjadi makanan nikmat lainnya seperti bubur sagu ubi. Penampilan bubur sagu ubi hampir mirip dengan kolak ubi di Jawa, bedanya bubur sagu ubi jauh lebih kental dan lebih manis.

●    Roti Kering Kenari
Roti kering kenari memiliki bentuk seperti lembaran roti tawar yang di atasnya diberi ditambah cacahan kacang kenari dan gula. Tekstur kenari yang garing mempunyai rasa yang tidak kalah lezat dengan kacang almond. Karena makanan ini termasuk roti kering yang bisa bertahan lama, maka sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh

●    Sagu Woku Komo-Komo
Meskipun memiliki nama ke Jepang - Jepangan, tetapi makanan ini adalah makanan asli khas Ambon. Makanan ini mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu dibungkus dengan daun woku, rasanya legit dan gurih, karena terbuat sagu, bawang putih, serai, jahe dan jeroan ikan. Sangat cocok sebagai lauk pendamping atau sebagai makanan utama.

●    Kopi Sibu-Sibu
Bagi pecinta kopi, ketika anda datang ke Ambon, maka Anda wajib untuk datang ke salah satu kedai kopi paling terkenal di Ambon,  yaitu rumah kopi sibu-sibu. Sibu-sibu atau dalam bahasa Maluku memiliki arti “angin sepoi sepoi” atau dalam bahasa Maluku melayu disebut sebagai “hail buang lansyik” yang berarti rumah tempat melepas suntuk. Kalau berkunjung ke kedai kopi ini, anda harus coba kopi andalannya, yaitu kopi sibu-sibu dan kopi rarobang. Kopinya berasal dari biji kopi robusta yang sudah dihaluskan dengan cara tradisional, dicampur menggunakan bubuk cengkeh halus, kemudian ditaburi biji kenari sebagai penghias dan pelengkap aroma kopi. Campuran dari semua rempah-rempah ini menghasilkan aroma kopi yang unik dan tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Semua makanan diatas sangat menggugah selera bukan?  Ayo, segera rencanakan wisata kuliner menuju Ambon dengan pergi kesana menggunakan maskapai penerbangan Citilink. Cek harga tiket Citilink dari Jakarta menuju Ambon melalui situs Reservasi.com.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »