Peran Kepala Sekolah Sebagai Educator

00.14
Kepala sekolah sebagai pendidik harus bisa membuat strategi yang pas dalam memajukan sekolah yang dipimpinnya. Hal ini bisa menunjang keadaan sekolah yang kondusif dan meningkatkan profesionalisme dari setiap tenaga kependidikan yang ada.   

Peran kepala sekolah sebagai pendidik harus berusaha menanamkan, memajukan dan meningkatkan sedikitnya empat macam nilai, yakni pembinaan mental, moral, fisik dan artistik.

Pembinaan mental ini berkaitan dengan sikap dan watak dari tenaga kependidikan. Kepala sekolah harus bisa menciptkan iklim yang kondusif di lingkungan sekolah, sehingga tenaga pendidik bisa melaksnakan tugasnya dengan profesional dan proporsional.

Pembinaan moral berkaitan dengan  ajaran mengenai baik dan buruk tenaga pendidik dalam semua perbuatan dan sikap yang ditunjukkannya di lingkungan sekolah. Hal itu untuk menuntut rasa tanggung jawab dan kewajiban sebagai tenaga pendidik yang harus selalu mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang dilakukan

Pembinaan fisik lebih ditekankan pada kesehatan jasmani semua tenaga kependidikan. Kesehatan fisik semua tenaga kependidikan harus selalu diperhatikan oleh kepala sekolah karena kesehatan fisik bisa berdampak pada kesehatan batin. Kesehatan fisik ini bisa diwujudkan dengan kegiatan olahraga. Kepala sekolah harus bisa perperan aktif dalam semua kegiatan olahraga baik secara terjadwal ataupun tidak.

Pembinaan artistik adalah pembinaan yang berkaitan dengan keindahan. Kepala sekolah harus bisa melihat detail dari setiap keindahan yang ada di lingkungan sekolah, mulai dari penampilan berpakaian, tata letak ruangan sampai pada hiasan-hiasan yang ada dalam lingkungan sekolah. Ini berfungsi untuk menghilangkan rasa jenuh berada di lingkungan sekolah.

Sebagai pendidik kepala sekolah mempunyai tugas terhadap peserta didik untuk mendidik menjadi manusia yang bertakwa, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Melaksanakan tugasnya pun, guru harus memiliki integritas yang sangat tinggi, karena pada dasarnya guru bisa memberikan yang terbaik kepada peserta didik. Guru dalam melaksanakan tugasnya bukanlah sebatas memberikan ceramah dalam kelas atau hanya berkata, akan tetapi lebih dari itu, bisa dalam bentuk perilaku, tindakan dan juga contoh-contoh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »