Kiat Jitu Mengurangi Nafsu Makan yang Selalu Berlebihan

08.20
Nafsu makan yang berlebihan memang tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Kita mesti mengatasinya dengan cara yang benar agar nafsu makan tersebut tidak menimbulkan obesitas. Jangan kalah dengan nafsu makan berlebihan tersebut karena sebenarnya tidak sulit untuk mengantisipasinya.

Kita tidak perlu khawatir akan kelaparan kalau menekan nafsu makan dengan cara yang tepat. Jadi, ikuti kiat-kiat jitu ini untuk mengontrol nafsu makan secara efektif :
  • Mengonsumsi Asupan Serat dan Karbohidrat Kompleks
Kandungan serat dan karbohidrat kompleks pada makanan akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga keinginan makan yang berlebihan pun bisa diminimalkan. Serat dan karbohidrat kompleks bisa kita peroleh dari gandum, sayuran, dan aneka jenis buah. Selain mengenyangkan, asupan serat dan karbohidrat kompleks juga tidak mengandung kalori berlebihan bila dikonsumsi dalam porsi seimbang.
  • Segera Tidur Jika Mulai Ingin Makan
Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Obesity menyatakan bahwatidur adalah keputusan yang terbaik bila kita mulai ingin makan secara berlebihan. Ternyata waktu tidur yang kurang justru bisa memicu nafsu makan yang tak terkendali. Jadi, pastikan bahwa kita memiliki waktu tidur yang cukup demi mengontrol selera makan setiap hari.
  • Menyantap Camilan Dalam Porsi Kecil
Kalau keinginan untuk makan sudah tidak bisa ditahan lagi, kita masih bisa menyiasatinya dengan cara menyantap makanan dalam porsi kecil. Semangkuk salad atau sepotong kue cokelat akan memuaskan keinginan makan kita. Maka kita akan merasa cukup dan tidak tergoda lagi untuk makan dengan porsi besar.
  • Asupan Protein Juga Wajib Diperhatikan
Sebuah studi yang dilakukan di Wageningen University Belanda menyebutkan bahwa asupan protein juga mempengaruhi nafsu makan. kekurangan protein akan memicu timbulnya keinginan makan yang berlebihan. Untuk mengantisipasi hal ini, orang dewasa membutuhkan asupan protein sebanyak 50-80 gr setiap hari. Protein juga dibutuhkan untuk mendukung pembentukan otot. Agar proses metabolisme tubuh bisa berlangsung secara maksimal.

Pola hidup yang sehat dan konsisten yang sudah kita jalani tentu tak akan membuat kita khawatir dengan nafsu makan berlebihan. Jangan lupa pula untuk melengkapi proteksi kesehatan melalui kepemilikan asuransi kesehatan yang bagus. Kini melalui Futuready, menentukan asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan tak lagi terasa sulit. Sebab supermarket asuransi yang satu ini senantiasa memiliki produk-produk asuransi yang lengkap dan berkualitas.

Perpaduan antara pola hidup sehat dan proteksi dari asuransi kesehatan akan membuat masa depan kita selalu terjamin. Yuk segera mengakses informasi dari Futuready melalui https://www.futuready.com/artikel/asuransi/ciri-ciri-asuransi-kesehatan-keluarga-yang-bagus/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »