Tips Sederhana Menghindari Penculikan Anak

01.03
Akhir-akhir ini banyak berita yang topiknya hampir sma, akni penculikan anak kecil. Kejadian seperti ini memang harus menjadi perhatian bagi orang tua untuk selalu menjaga anaknya, apalagi yang masih duduk di sekolah tingkat TK atau SD.
Penculikan biasanya terjadi pada situasi yang sedang sunyi dan jauh dari keramaian. Hal tersebut dilakukan oleh para penculik kadang untuk mengambil organ dalam pada anak dan kemudian dijual ke orang lain dengan harga yang tinggi.

Menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti itu, orang tua harus selalu wasapada dalam segala kondisi dan situasi. Berikut tips sederhana agar terhindar dari penculikan anak kecil:
  • Selalu mengawasi anak.
Pengawasan ini dilakukan ketika anak bermain di depan rumah atau sekitar tempat tinggal Anda, karena kadang penculik sudah memperhatikan atau mengawasinya dari kejauhan.
  • Mengantar dan menjemput sekolah.
Hal ini untuk menghindari anak sendirian ketika berangkat dan pulang sekolah, karena hal tersebut dapat memudahkan penculikan anak terjadi.
  • Hindari tempat yang sunyi ketika bersama anak Anda.
Ketika sedang berjalan dengan sang buah hati, akan lebih baik berada pada tempat keramaian, karena bisa meminimalisir penculikan pada anak kecil.
  • Nasihati sang buah hati.
Nasihat ini berupa agar anak tidak mudah akrab dengan orang yang baru dikenalnya, karena bisa jadi itu adalah midus dari para penculikan anak. Dan ketika sang anak memang sudah merasa terancam suruhlah sang buah hati untuk teriak minta tolong agar menarik perhatian orang lain.
  • Tuliskan alamat rumah dan nomer telepon rumah atau orang tua.
Hal tersebut bisa digunakan untuk memberitahukan kepada sang guru atau orang kepercayaan guru seperti tukang ojek atau lainnya, supaya anak ketika lupa alamat rumah atau nomer telepon orang tua bisa memebrikan catatab yang diberikan oleh orang tuanya.
  • Mengajak orang laki-laki ketika bepergian.
Ketika sedang bepergian usahakan mengajak sang suami atau saudara laki-laki untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang buruk.

Itulah hal-hal sederhana yang bisa dilakuakan bagi sang ibu untuk menjaga sang anak dari penculikan yang sekarang sedang marak terjadi, dimanapu dan kapanpun. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu waspada dalam segala kondisi dan situasi dimanapun kita berada, dan kita selalu dihindarkan dari hal-hal tersebut. Amiin!!!. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar