Mengenal Alergi, Hati-hati dengan Reaksi Syok Anafilaktik yang Fatal!

00.30
Karena alergi adalah salah satu gangguan kesehatan yang akan paling sering Anda temui pada anak, maka ada baiknya jika Anda mengetahui tentang reaksi alergi paling parah yang bisa terjadi pada anak, yaitu syok anafilaktik. Dengan mengenal masalah alergi anak yang memicunya, Anda akan bisa mencegah anak Anda mengalami syok seperti ini, yang bahkan bisa berakibat sangat fatal. Perhatikan hal berikut di bawah ini.

Syok anafilaktik sendiri adalah reaksi alergi yang sangat berat, dan bisa berakibat ke kematian jika dibiarkan begitu saja. Syok ini bisa terjadi saat sistem imunitas tubuh bereaksi terhadap alergen, dan mengeluarkan zat kimia yang akan membuat tubuh menjadi syok. Hal ini bisa terjadi dalam hitungan menit dan membuat penderitanya menjadi sulit bernapas, lantaran salurannya menyempit. Tekanan darahnya juga turun sangat drastis, membuat kondisi semakin parah.

Alergi apa pun bisa menjadi pemicu dari syok anafilaktik, tak peduli apakah alergi tersebut adalah alergi kacang, obat, maupun serangga. Anda harus waspada dan memperhatikan gejalanya berikut ini, agar Anda bisa segera menanganinya dengan cepat:
  • Terjadinya ruam yang merah di kulit sehingga menyebabkan gatal-gatal.
  • Muncul pula bentolan yang gatal pada kulit.
  • Bagian mata, bibir, kaki, dan tangan semuanya membengkak.
  • Ini yang paling berbahaya, yaitu bagian mulut anak, kemudian lidah, dan dilanjutkan ke tenggorokannya ikut membengkak. Ini akan membuat tenggorokan jadi menyempit, menghambat udara untuk bisa masuk dan keluar.
  • Saat sudah tak tahan lagi, anak bisa saja merasa pusing dan pingsan (atau bahkan lebih parah lagi).
  • Napas anak juga menjadi berbunyi atau mengi.

Kalau anak Anda pernah mengalami reaksi alergi seperti ini, segera larikan anak ke dokter atau rumah sakit. Ini juga yang menjadi alasan kenapa Anda perlu kenali alergi lebih dalam, karena dengan konsultasi ke dokter, Anda akan mendapatkan suntikan adrenalin. Ini akan membuat anak yang mengalami syok anafilaktik menjadi membaik, lantaran adrenalin akan membantu dalam mengurangi terjadinya pembengkakan di tenggorokan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar