Tips Mengobati Pergelangan Kaki Kesleo

18.23
Olah raga banyak kita jumpai di mana saja, karena olah raga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun serta oleh siapapun. Dengan olah raga kita bisa menjaga kondisi tubuh kita supaya terhindar dari penyakit, asalkan olah raga yang kita lakukan tidak berlebihan.
Olah raga yang berlebihan tidak membuat badan kita sehat tetapi malah sebaliknya, bisa mengakibatkan badan kita terasa sakit. Olah raga yang berlebihan bisa menyebabkan kram, rasa pegal pada tubuh, dan sebagainya. Pada saat Anda olah raga pasti pernah kesleo, ini adalah hal yang biasa bagi orang yang suka olah raga dan mengalami kesleo pada salah satu tubuh, dan dalam hal ini adalah kaki kesleo.

Ada beberapa cara dalam merawat kaki yang mengalami kesleo saat olah raga, berikut adalah cara dalam merawat kaki kesleo:
  • Istirahat
Setelah kaki atau pergelangan kaki kita kesleo maka kita diharuskan untuk beristirahat dari aktifitas olah raga yang biasa kita lakukan, ketika kita memaksakan diri untuk berolah raga maka akan semakin memperburuk kaki kita yang kesleo.
  • Tempelkan es
Ketika kita mengalami kesleo pada kaki, maka kita dianjurkan untuk mengompresnya dengan es, jangan menempelkan es secara langsung pada kaki, karena bisa menyebabkan kerusakan pada kulit kita. Pengompresan es ini berguna untuk memberikan kenyamanan pada kaki dan supaya tidak memar, karena biasanya ketika kaki keselo kaki akan terasa panas, dan dengan mengompresnya akan mengurangi rasa panas tersebut.
  • Compression (penekana)
Penekanan ini dilakukan dengan menggunakan perban yang elastis suapaya menghilangkan peradangan, selain itu juga untuk memberikan penyangga pada kaki yang kesleo. Biasanya kaki yang kesleo ketika digerakkan sedikit akan terasa sakit, dengan memberikan balutan dengan perban ini meminimalisir adanya gerakan yang bisa menyebabkan pergelangan kaki terasa sakit.
  • Elevation (peninggian)
Peninggian ini berfungsi agar tidak ada munculnya pembengkakan pada pergelangan, dengan meninggikan kaki lebih tinggi dari posisi jantung, paling tidak ketika berbaring taruhlah bantal pada kaki untuk meninggikannya.

Itulah beberapa tips dalam merawat atau mengobati pergelangan kaki yang kesleo, dan setelah kaki mulai terasa enakan jangan langsung olah raga yang keras, karena bisa memperlambat proses penyembuhannya atau bahkan memperparah cideranya. Setidaknya dengan melatih berlari-lari kecil atau jogging untuk memulihkan kondisi pergelagan kaki yang belum sepenuhnya dalam kondisi yang sehat dan normal. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar