Tips Aman Untuk Mendaki Gunung

06.09
Kawan Symphoni, apa kabar untuk hari ini, semoga selalu dalam kondisi yang sehat-sehat saja. Apakah Anda salah satu orang yang suka mendaki gunung? Jika memang Anda adalah salah satu orang yang gemar mendaki pastinya sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan agar sampai puncak gunung dengan selamat, dan tanpa ada masalah.
Anda yang sering naik gunung pastinya ketika ditanya apa yang Anda dapat di atas gunung, Anda pastinya tidak akan menjelaskan apa keuntungannya, namun dalam hati kita pasti ada hal yang membuat “Waah”. Itulah gambaran yang dapat saya gambarkan ketika berada dalam atas sebuah gunung, Anda pasti juga bingun bagaimana cara menjelaskannya kepada orang lain ketika apa yang Anda rasakan di atas gunung.

Berada di atas gunung memang kita mendapatkan sebuah hal yang tidak bisa didapat selain di puncak gunung itu sendiri. Untuk mencapai puncak perlu perjuangan yang luar biasa dan hal-hal yang memang harus diperhatikan untuk para pendaki. Kali ini akan menjelaskan cara untuk pendakian yang aman bagi para pemula, berikut tipsnya:
  • Pesiapkan peralatan pendakian
Peralatan untuk mendaki sangatlah banyak, terutama yaitu pakaian pendakian yang harus tahan air, persiapkan konsumsi yang cukup sampai pendakian selesai, sepatu pendakian, tenda dan matras, lampu serta senjata tajam. Dan peralatan pendakian juga harus menyesuaikan dengan keadaan gunung, seumpama gunung bersalju pastinya harus menyesuaikan dan tidak sama dengan peralatan pada gunung yang biasa.
  • Lihat cuaca
Cuaca ini penting, jangan pernah mendaki gunung saat cuaca tidak menentu karena sering terjadi badai di gunung tersebut. Jika memang Anda ingin selamat dan tidak terjadi masalah maka Anda harus perhatikan cuaca, tidak boleh sembarang waktu dan biasanya oleh pihak Basecamp akan diberi tahu kalau cuaca sedang ekstrim.
  • Kondisi badan baik
Jangan pernah mendaki gunung saat kondisi badan sedang kutang enak atau baik, karena nanti akan berpengaruh bagi Anda sendiri dan membahayakan diri sendiri, malahan tidak sampai puncak karena kondisi badan Anda yang sedangan tidak baik.
  • Kenali jalur pendakian
Jalur pendakian setiap gunung pastinya berbeda-beda, untuk mendapatkan informasi kondisi jalur yang belum pernah Anda lalui maka Anda bisa menanyakan pada orang yang pernah mengenali atau melalui jalurnya.
  • Gunakan pemandu
Jika Anda belum pernah mendaki salah satu gunung dan Anda tidak yakin dengan keadaannya, maka gunakanlah pemandu untuk melancarkan pendakian Anda, jangan sampai Anda tersesat karena tidak menggunakan pemandu pendakian.
  • Daftarkan diri di Basecamp
Daftar di Basecamp ini sangatlah penting untuk keselamatan Anda, karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi saat Anda mendaki. Pendaftaran di Basecamp ini untuk menjaga jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah, maka dari pihak Basecamp akan segera menolong Anda.
  • Taati aturan yang berlaku
Kadang ada bebrapa gunung yang memiliki aturan-aturan tertentu dan harus Anda patuhi, karna biasanya warga sekitar gunung sudah memberi tahukan akan hal tersebut.

Itulah tips sederhana bagi kalian yang ingin mendaki gunung khususnya bagi para pemula, dan selalu perhatikan apa yang disampaikan oleh masyarakan sekitar gunung yang akan Anda tuju. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar