Perumahan Murah Di Bandung Dan Tips sebelum membelinya

00.29

Perumahan murah merupakan salah satu pilihan utama bagi masyarakat kelas menengah yang ingun memiliki rumah sendiri ataupun untuk berinvestasi. Terlebih lagi jika lokasi perumahan tersebut berada di Kota besar yang merupakan investasi yang tepat karena lokasi tersebut strategis dan memiliki nilai jual tinggi. Untuk kota Jakarta mungkin agak sulit mendapatkan jenis perumahan murah, maka solusinya kamu dapat menemukan perumahan di Bandung yang merupakan kota besar kedua setelah Jakarta. Mengapa harus Bandung? karena Jakarta saat ini sudah cukup padat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Selain itu pilihan tempat wisatanya pun cukup banyak sehingga merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal serta tempat peristirahatan.

Nah buat kamu yang masih bingung memilih lokasi perumahan di Bandung, maka bisa mendapatkan referensi dari teman, keluarga hingga kerabat lainnya yang sudah tinggal di Bandung terlebih dulu. Namun jika tidak memilikinya berikut beberapa pilihan perumahan murah di Kota Bandung antara lain :

1.    Parahyangan Hill
Perumahan ini berlokasi didaerah Bandung Barat yang merupakan jenis perumahan subsidi dengan harga terjangkau. Luas tanah yang ditawarkan rata-rata 60 meter persegi bahkan lebih bila memilih yang terdapat kelebihan tanah, namun harganya akan sedikit lebih mahal. Luas bangunannya rata-rata 30 meter persegi dengan pilihan daya listrik 900watt. Lokasi di perumahan tersebut jadi salah satu pilihan terbaik karena jaraknya yang hanya 10 menit saja menuju tol padalarang. Harganya pun cukup terjangkau untuk ukuran di kota bandung mulai dari 170 juta saja yang dapat dibayar langsung tunai ataupun dicicil. Pengembang dari perumahan ini adalah PT. Sukses Bangun Parahyangan.

2.    Villa Cilame Indah
Perumahan jenis cluster ini berlokasi di kota administrasi cimahi, daerah Bandung Barat. Lokasi yang strategis ini memang lebih dekat dengan daerah perkotaan, namun lingkungan perumahan yang aman dan nyaman serta dengan akses jalan yang bagus membuatnya memiliki nilai jual yang cukup bagus. Untuk luas tanah rata-rata perumahan yang ditawarkan adalah rumah tipe 36 dimana rata-rata luas tanahnya 90 meter persegi lebih. Dengan desain rumah yang dilengkapi dengan carport, kemudian terdiri dari 2 kamar tidur, dan 1 kamar mandi ini difasilitasi dengan daya listrik 1300watt. Untuk harga mulai dari 300 jutaan yang dapat dibayar dengan cara tunai maupun cicil, namun bedanya cicilan dilakukan dengan system syariah.

3.    Perumahan Cijambe Ujung Berung
Perumahan murah yang berlokasi didaerah arcamanik pusat kota Bandung ini memiliki fasilitas di kamar mandinya yang menggunakan shower. Luas tanahnya yang rata-rata 80 meter persegi ini dilengkapi dengan daya listrik 1300watt. Perumahan ini ditawarkan dengan harga mulai 300 jutaan dengan cara pembayaran dicicil dengan DP 20%. Jalan yang tersedia pun lebar yang dapat dilalui oleh akses mobil masuk.
Nah beberapa pilihan perumahan tersebut dapat dijadikan referensi untuk mendapatkan pilihan perumahan murah yang diinginkan. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah beberapa hal berikut sebelum memilih perumahan murah yang dijadikan tempat tinggal, antara lain :

-    Lokasi
Hal ini merupakan hal utama yang paling penting, sebab lokasi akan menentukan harga jual rumah kembali di saat kamu ingin menjualnya kembali. Selain itu lokasi juga akan memudahkan kamu ketika memindahkan barang ataupun dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

-    Bebas Banjir
Ini merupakan hal kedua yang penting, dengan menanyakan pada lingkungan sekitar perumahan untuk memastikan apakah ketika hujan akan meyebabkan genangan air di sekitar jalan perumahan atau mungkin banjir. Sebab jika kamu memilih perumahan yang beresiko banjir akan menyulitkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari termasuk dalam hal menjualnya kembali.

-    Kenali perusahaan Pengembang
Jangan mudah tergiur dengan harga murahnya perumahan dan mudahnya cara akad kredit, karena perusahaan pengembang pun ada yang assetnya tidak stabil yang tidak jarang akhirnya membawa lari DP dari para calon nasabah. Untuk menghindari hal tersebut pelajari riwayat perusahaan pengembang tersebut dalam hal mendirikan perumahan.

-    Pahami Skema cicilan Rumah
Walaupun memang agak rumit namun tetap harus dipahami bagaimana skema pembayaran rumah dengan cara dicicil. Pelajari tentang booking fee, Dp, hingga denda keterlamabatan agar kamu tidak dirugikan dikemudian hari. Pahami juga istilah pembayaran dengan cara cash keras dan cash lunak, karena kedua hal tersebut berbeda.

-    Pelajari tanah perumahan
Tanah perumahan bisa jadi merupakan tanah sengketa, maka kamu bisa datang ke badan perumahan dan menanyakan apakah tanah didaerah perumahan yang akan kamu ambil. Tujuannya agar dikemudian hari kamu tidak harus berseteru dengan pihak yang menyengketakan tanah perumahan tersebut.

Nah dengan beberapa tips tersebut kamu dapat menentukan lokasi perumahan di bandung yang kamu inginkan dan tidak akan sampai terlibat masalah hukum dengan pihak tertentu yang mempermasalahkan tanah perumahan yang kamu beli.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »