Keunikan Dari Hewan Kecil Yang Bernama Semut

06.19

Semut, melihat wujudnya yang kecil banyak orang yang merasa terganggu akan kehadirannya, dan bahkan sampai membunuhnya dengan menggunakan racun atau obat agar semut-semut itu cepat mati dan tidak ada lagi.

Semut merupakan salah satu dari sekian banyak hewan-hewan kecil di dunia ini, dan juga semut memiliki banyak macamnya dan bentuknya, dan juga memiliki beraneka macam warnanya.

Semut memiliki nilai gotong royong dalam segala hal, ambil contoh dalam membangaun tempat tinggal mereka, setiap anggota dalam kelompok semut memilki tugas-tugas yang berbeda-beda dengan yang lain. Ini membuktikan kalau mereka menerapkan nilai gotong royong dalam kehidupan mereka.

Semut juga memliki sifat persaudaraan yang sangat kental. Jika kita perhatikan dalam kehidupan kita, ketika ada kelompok semut yang menghuni sebuah wilayah, mereka selayaknya bersalaman atau saling menyapa ketika berjalan dan berpapasan. Ini membuktikan bahwa mereka sangat erat dalam tali persaudaraan antar semut itu sendiri, dan juga bisa menjadi contoh untuk umat manusia.

Semut merupakan hewan yang pali kuat dibanding dengan hewan lainnya, ia mampu mengangkat bebab sebesar 50 kali lipat dibanding berat tubuhnya. Ini menjadikan semut sebagai salah satu spesies serangga yang paling canggih dibandingkan dengan hewan lainnya.

Hal ini bukanlah sebuah cerita atau dongeng belaka, namun merupakan fakta yang dibuktikan dengan berbagai kejadian yang nyata. Seperti yang dilangsir dari laman Daily Mail, seekor semut tertangkap kamera sedang mengangkat ulat yang berwarna hijau yang ukurannya sangtalah besar, dan lebih lagi semut itu mengangkat dengan menggunakan rahangnya saja.
Image Courtesy of Daily Mail
Foto tersebut diambil oleh Frenki Jung di belakang rumahnya daerah Sambas, Kalimantan Timur, Indonesia. Terlihat dalam gambar bahwasanya semut tersebut yang berukuran kurang dari 1 cm mengangkat hewan yang berukuran sekitar 5 cm.

Selama ini orang menganggap bahwa semut it hanyalah hewan kecil pengganggu makanan saja. Namun, ketika kita teliti bahw semut itu meiliki banyak sekali fakta-fakta yang bisa dibilang sangat menaknubkan semua orang. Ada beberapa fakta dari semut yang perlu kita ketahu, diantaranya:

1.    Semut lebih pintar dari apa yang kita kita kira selam ini
Semut merupakan serangga yang proporsi otaknya lebih besar dibandingkan dengan serangga yang lain, mereka memiliki 250.000 sel dalam otaknya.

2.    Semut merupakan ahli dalam bidang pertanian
Semut menggunakan teknik Hortikultural dalam sistem pertanian mereka sebelum manusia mengetahuinya.

3.    Umur semut hanya beberapa bualan saja kecuali ratunya
Semut “pekerja” hanya mampu bertahan hidup sekitar 45-60 hari, sedangkan sang ratu bisa hidup selama 20 tahun, dan ketika sang ratu mati, koloni semut tersebut hanya mampu bertahan beberapa hari saja. 

Selain itu, cara semut mengenali kolininya yakni dengan menggunakan dua antena yang ada dalam kepalanya tersebut, dengan mengenali bau yang dikeluarkan. Tapi ketika terkena terkena air, maka mereka akan terganggu oleh bau yang tercampur dengan air tersebut.

Fakta-fakta diatas tadi hanyalah sebagian kecil dari fakta-fakta tentang semut yang belum tersampaiakn sampai saat ini. Dan kita sebagai manusia hanya bisa terkagum dengan hewan yang kecil namun memiliki banyak fakta-fakta yang bisa membuat kita tercengang. Semoga denga sedikit informasi ini dapat menambah pengetahuan kita bersama.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »