Tips Menghemat Gaji Pas Pasan Untuk Sebulan

06.36

Kehidupan manusia itu berproses, tidak akan langsung hidup bergelimang harta, tidak pula selamanya berada di bawah garis kemiskinan. Sesekali bisa tertawa bahagia, sesekali juga bisa menangis tersedu-sedu. Proses kehidupan yang dijalani manusia itu adalah salah satu bentuk tempaan untuk membentuknya jadi individu yang lebih baik lagi.

Saat mendapatkan pekerjaan pun, bukan berarti langsung bertemu dengan pekerjaan yang klop dengan minat dan bakat kita, ada juga yang mungkin merasa gaji yang diberikan itu tidak sesuai dengan jumlah pengeluaran yang biasa ditanggung oleh orang tersebut. Itulah yang disebut dengan gaji pas-pasan. Sekalipun gaji tak bisa dibilang besar, namun tidak berarti kita harus meminjam sana dan sini demi memenuhi kebutuhan yang lain, sebab ada tips untuk memaksimalkan penggunaan gaji yang minimalis tersebut.

Rajin berpuasa. Bagi umat Muslim pasti sudah tak asing dengan istilah puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa sunnah. Jika gaji dirasa pas-pasan, maka sering melakukan puasa sunnah adalah pilihan yang baik. Boleh melakukan puasa Senin Kamis dan bisa juga melakukan puasa Daud (sehari puasa, sehari tidak). Bukan cuma baik untuk kesehatan, juga baik untuk mencegah tangan iseng membelanjakan uang untuk beli cemilan, jajanan dan berbagai macam hal yang tak dibutuhkan.

Belanja banyak untuk stok. Yang satu ini dilakukan setelah gajian, dan jelas harus tetap diperhitungkan juga untuk pengeluaran yang lain supaya tidak kebablasan saat belanja. Beli kebutuhan pribadi ukuran besar, supaya bisa lebih awet penggunaannya dan tidak perlu beli perintilan kecil-kecil yang malah membuat biaya lebih membengkak.

Belanja dengan perut kenyang. Sebelum berangkat belanja, baiknya makan dulu sampai kenyang. Apalagi jika belanja ke mall, tempat makan seperti Pizza Hut, Solaria, KFC atau bahkan JCO pasti akan menggoda untuk dihampiri. Uang bisa melayang banyak jadinya.

Hindari pakai kendaraan bermotoruntuk jarak kurang dari 2km. Bukan rahasia jika orang Indonesia paling gemar menghabiskan bensin, beli bakso ke depan komplek yang hanya 500m saja pakai motor, padahal dengan berjalan kaki pun tak akan membuat jatuh pingsan, justru malah bikin sehat.

Belanja di musim diskon. Salah satunya saat Harbolnas, Hari Belanja Nasional yang jatuh di akhir tahun 2016 ini. Berbelanja di musim diskon akan memberikan banyak keuntungan, dari mulai harga-harga diskon yang wah untuk semua produk, juga bisa dapatkan tambahan bonus dan ada juga free ongkir jika berbelanja online. Dengan memaksimalkan momen spesial seperti belanja di musim diskon, kita bisa stock aneka perlengkapan pribadi dan berbagai kelengkapan rumah tangga lainnya, hal ini baik untuk memangkas anggaran belanja sehingga gaji satu bulan bisa dihemat lebih banyak lagi bulan depan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar